Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Pernahkah Anda Bertanya-tanya Mengapa Kita Mengucapkan “Selamat Ulang Tahun”?

Saat seseorang berulang tahun, hal pertama yang kita ucapkan biasanya adalah “Selamat Ulang Tahun”. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita menggunakan ucapan ini?

Ternyata, ucapan “Selamat Ulang Tahun” berasal dari bahasa Jerman, yakni “Gratuliere zum Geburtstag”. Secara harfiah, kata “Gratuliere” berarti “saya mengucapkan selamat” dan “Geburtstag” adalah “hari lahir atau ulang tahun”.

Bacaan Lainnya

Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Jika Anda ingin mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dalam bahasa Korea, Anda dapat mengatakan “생일 축하합니다” (saengil chukha hamnida). Ungkapan ini bisa dikatakan dalam situasi formal atau resmi.

Alternatif lain yang bisa digunakan dalam situasi yang lebih santai atau tidak terlalu formal adalah “생일 축하해” (saengil chukha hae).

Sejarah Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Ternyata, mengucapkan selamat ulang tahun di Korea sendiri lebih merupakan pengaruh dari kebudayaan Barat. Sebelum adanya pengaruh budaya Barat, tradisi di Korea lebih cenderung merayakan hari besar seperti saat anak menyelesaikan usia tertentu (doljanchi) atau saat anak laki-laki mencapai usia 20 tahun (hwangap).

Namun, seiring berjalannya waktu dan terbukanya Korea terhadap pengaruh Barat, tradisi mengucapkan selamat ulang tahun semakin populer di masyarakat Korea.

th?q=Sejarah Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Terdapat Tiga Level Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

  • Level Formal – “생일 축하합니다” (saengil chukha hamnida)
  • Level Santai – “생일 축하해” (saengil chukha hae)
  • Level Super-Santai – “생축” (saengchuk)
th?q=Terdapat Tiga Level Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Tanda Penghormatan Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Dalam budaya Korea, tanda penghormatan juga penting ketika mengucapkan selamat ulang tahun. Ada berbagai cara untuk menunjukkan penghormatan, salah satunya adalah memberikan hadiah atau uang sebagai hadiah ulang tahun (saengil chukha tosayo).

Tanda penghormatan lainnya adalah memberikan bungkusan berwarna merah (chunsa) yang di dalamnya berisi uang sebagai simbol keberuntungan.

th?q=Tanda Penghormatan Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Kesimpulan

Ucapan “Selamat Ulang Tahun” ternyata berasal dari bahasa Jerman dan dipopulerkan di Korea melalui pengaruh budaya Barat. Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun adalah “생일 축하합니다” (saengil chukha hamnida), namun terdapat pula level santai dan super santai dalam penggunaannya.

Tanda penghormatan sangatlah penting dalam budaya Korea, baik dalam bentuk hadiah atau bungkusan berwarna merah yang berisi uang sebagai simbol keberuntungan.

Saran

Bila Anda ingin memberikan ucapan atau hadiah ulang tahun dalam budaya Korea, pastikan untuk selalu memberikan tanda penghormatan yang sesuai. Berilah hadiah atau uang dalam jumlah yang wajar dan berikan bungkusan berwarna merah sebagai simbol keberuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *