Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Menurut Para Pakar Ahli

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan.
gambar :4.bp.blogspot.com

Halo sahabat pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan mengenai ruang lingkup manajemen pendidikan yang telah di utarakan oleh para pakar pendidikan. Bagaimana sih ruang lingkup manajemen pendidikan itu?daripada bingung yuk kita simak berbagai pendapat para ahli.

Managemen pendidikan: pengertian, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup managemen pendidikan secara umum.

Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Managemen Pendidikan Total Pernahkah Anda mendengar istilah manajemen pendidikan, apa itu managemen pendidikan? Untuk lebih memahami hal ini, signifikansi dan ruang lingkup tata kelola pendidikan dibahas di bawah ini.

Pemahaman umum tentang manajemen pendidikan

Pengertian managemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemantauan dan evaluasi upaya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian ruang lingkup manajemen pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang digunakan untuk melaksanakan manajemen terstruktur yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Manajemen pendidikan masih asing di telinga karena istilah lama yang sering digunakan adalah administrasi.

Tata kelola pendidikan juga dapat diartikan sebagai bentuk kerjasama antara pihak-pihak pendidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Kesempatan berkarir bagi lulusan Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Menurut Para Pakar Ahli meliputi staf dan/atau pengelola administrasi sekolah, universitas, dan lembaga pendidikan lainnya, baik milik pemerintah maupun swasta. Selain itu, lulusan manajemen pendidikan dapat mengejar karir sebagai konsultan pendidikan.

Baca juga: Ciri-ciri Dari Pendidikan Informal

Inilah Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Menurut Para Pakar Ahli

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
gambar:1.bp.blogspot.com

John M. Echols dan Hasan Shadily

  • Menurut John M. Echols dan Hasan Shadily, konsep manajemen pendidikan berasal dari akar kata To Manage yang berarti mengendalikan, mengatur, melaksanakan, mengelola dan mengelola.

Paria Westra

  • Menurut Pariata Westra, pengertian tata kelola pendidikan adalah keseluruhan rangkaian tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam setiap upaya kolaboratif untuk mencapai tujuan tertentu.

Sondang Palan Siagian

Menurut Sondang Palan Siagian, pengertian tata kelola pendidikan adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih, berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

A Liang Gie

  • Menurut The Liang Gie, pengertian managemen pendidikan adalah keseluruhan proses yang menyelenggarakan pencapaian tujuan tertentu dalam setiap usaha kolaboratif sekelompok orang.

Leonard D White

  • Menurut Leonard D White, pengertian managemen pendidikan adalah keseluruhan proses yang biasanya terdapat pada semua kelompok, baik publik, pemerintah atau swasta, sipil atau militer skala besar atau kecil.

Robbin dan Coulter

  • Menurut Robbin dan Coulter, pengertian managemen pendidikan adalah proses pengkoordinasian kegiatan kerja agar dapat melaksanakannya secara efisien dan efektif dengan dan dengan orang lain.

Zainal Aqib

  • Menurut Zainal Aqib, pengertian tata kelola pendidikan adalah keseluruhan proses penggunaan seluruh sumber daya manusia dan non manusia untuk mencapai tujuan pendidikan pendidikan.

B. Suryosubroto

  • Menurut B. Suryosubroto, pengertian managemen pendidikan adalah suatu usaha untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang bagaimana seorang penyelenggara pendidikan dapat mencapai tujuan pendidikan.

DR. H.Muhaimin, Hj. Suti’ah Mpd dan Sugeng Listyo Prabowo Mpd

  • DR. H.Muhaimin, Hj. Suti’ah Mpd dan Sugeng Listyo Prabowo Mpd: Pengertian managemen pendidikan adalah seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Gafar

  • Menurut Gaffar, pengertian tata kelola pendidikan adalah proses kolaboratif yang sistematis, sistemik, dan menyeluruh untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Stephen J. Kneziech

  • Menurut Stephen J. Kneziech, definisi manajemen pendidikan adalah seperangkat fungsi organisasi yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan efisiensi dan efektivitas layanan pendidikan dan implementasi kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, kepemimpinan dan persiapan sumber daya. menugaskan, mendorong dan mengoordinasikan staf dan iklim akan membantu organisasi dan mengidentifikasi perubahan signifikan pada fasilitas untuk memenuhi kebutuhan siswa dan masyarakat di masa depan.

W. Haris

  • Menurut W. Haris, pengertian tata kelola pendidikan adalah suatu proses di mana upaya pemanfaatan sumber daya manusia dan materi secara terpadu untuk meningkatkan pembangunan kualitas manusia secara efektif.

Redja Mdyaharjo

  • Menurut Redya Mdyaharjo, pengertian manajemen pendidikan adalah suatu proses yang berfungsi mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan dan sebagainya untuk mencapai tujuan pendidikan.

Syarif (1976: 7)

  • Menurut Syarif, pengertian manajemen pendidikan adalah segala upaya bersama yang ditujukan untuk pendayagunaan sumber daya manusia dan materiil secara efisien dan efektif guna mendukung terselenggaranya pendidikan.

Sutisna (1979: 2-3)

  • Menurut Sutisna, pengertian tata kelola pendidikan adalah keseluruhan proses penyediaan sumber daya manusia dan material yang tepat dan menggunakannya secara efektif untuk mencapai tujuan bersama. Ia melakukan fungsi dengan mempengaruhi tindakan orang.

Djam’an Satori (1980: 4)

  • Menurut Djma’an Satori, pengertian tata kelola pendidikan adalah keseluruhan proses kolaboratif, di mana semua sumber daya manusia dan material yang tersedia dan tepat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan secara efektif dan efisien.

Hadawi Nawawi (1981:11)

  • Menurut Hadawi Nawawi, pengertian manajemen pendidikan adalah rangkaian atau keseluruhan proses kegiatan di mana sekelompok orang mengelola usaha bersama untuk mencapai tujuan pendidikan, secara terencana dan sistematis, dalam konteks tertentu, terutama lembaga pendidikan formal. .

Purwanto dan Djojopranoto (1981: 14)

  • Menurut Purwanto dan Djojopranoto, pengertian manajemen pendidikan adalah usaha bersama untuk menggunakan semua sumber daya manusia, uang, bahan, peralatan, dan metode untuk mencapai tujuan pendidikan secara efisien dan efektif.

Fakta Pidarta (1988:4)

  • Menurut Made Pidarta, pengertian manajemen pendidikan adalah kegiatan memadukan sumber daya pendidikan yang memusatkannya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

Dasuqi dan Somantri (1992:10)

  • Menurut Dasuqi dan Somantri, pengertian manajemen pendidikan adalah upaya menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam pendidikan.

Kantor Perencanaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1993: 4)

  • Menurut Badan Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pengendalian tenaga kependidikan dan sumber daya pendidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. seluruh orang. Artinya, manusia yang beriman kepada Yang Maha Esa, bertakwa dan berakhlak mulia, berakhlak mulia, memiliki ilmu pengetahuan, kemampuan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang tangguh dan mandiri, serta bertanggung jawab secara sosial dan nasional.

Daryanto (1998: 8)

  • Menurut Daryanto, pengertian manajemen pendidikan adalah cara bekerja sama dengan orang-orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif.

Engkoswara (2001: 2)

  • Menurut Engkoswara, pengertian manajemen pendidikan adalah ilmu yang mengkaji bagaimana sumber daya dapat diorganisasikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasana yang baik bagi orang-orang yang terlibat dalam mencapai tujuan yang telah disepakati.

HA R Tilaar (2001: 4)

  • Menurut HAR Tilaar, pengertian manajemen pendidikan adalah kegiatan yang melaksanakan rencana atau rencana pendidikan.

Mulyasa (2002: 19)

  • Menurut Mulyasa, manajemen pendidikan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan proses pendidikan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan, guna mencapai tujuan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Soebagio Atmodiwirio (2003: 23)

  • Menurut Soebagio Atmodiwirio, pengertian manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pengendalian tenaga kependidikan dan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Sagala (2004: 27)

  • Menurut Sagala, pengertian manajemen pendidikan adalah penerapan pengetahuan manajerial dalam dunia pendidikan, atau penerapan manajemen pada pembiayaan, pengembangan, dan pengendalian praktik bisnis dan pendidikan. Manajemen pendidikan adalah penerapan prinsip, konsep, dan teori kepemimpinan dalam kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Umar Hamalik (2007)

  • Menurut Oemar Hamalik, pengertian manajemen pendidikan adalah memadukan unsur-unsur yang berbeda dalam pendidikan dan dengan demikian berupaya mengembangkan dan mencapai tujuan manajemen pendidikan itu sendiri.

Tujuan utama manajemen pendidikan adalah untuk melaksanakan pembentukan kepribadian peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan tingkat perkembangan dan perkembangan yang sesuai dengan usia pendidikan.

Baca juga: Judul Yang Tepat Untuk Pidato Bertemakan Pendidikan

Tujuan dan manfaat dibentuknya tata kelola pendidikan lainnya

  • Menerapkan suasana dan proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna.
  • Mewujudkan peserta didik yang aktif mengembangkan keterampilannya untuk memperoleh keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara dengan
  • kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan keluhuran budi.
  • Memenuhi salah satu dari lima kompetensi fakultas.
  • Pelaksanaan tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.
  • Menyiapkan tenaga pengajar dengan teori-teori tentang proses dan tugas administrasi pendidikan.
  • Masalah mutu pendidikan telah teratasi karena 80% masalah mutu disebabkan oleh pengelolaannya.
  • Mengembangkan perencanaan pendidikan yang adil, bermutu, relevan dan bertanggung jawab.
  • Meningkatkan citra positif pendidikan.

Baca juga: Kemajuan Teknologi Yang Dapat Menunjang Program Pendidikan

Fungsi manajemen pendidikan

  • Fungsi manajemen pendidikan terdiri dari empat unsur, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Perencanaan

  • Perencanaan adalah proses menetapkan tujuan dan sasaran organisasi serta menyusun peta kerja yang mencakup cara mencapai tujuan tersebut.

organisasi

  • Organisasi adalah proses secara efektif mengumpulkan sumber daya manusia, modal dan peralatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Penerapan

  • Implementasi adalah proses menggerakkan sumber daya manusia yang ada untuk melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tujuan, dan oleh karena itu pada efisiensi proses dan efektivitas pekerjaan.

Pengawasan

  • Pengawasan adalah tindak lanjut dari umpan balik dan hasil yang dicapai dan perbandingan dengan rencana yang telah diselesaikan, dan kemudian mengambil tindakan korektif jika terjadi ketidaksesuaian.

Baca juga: Contoh Dari Penerapan Ideologi Terbuka Di Bidang Pendidikan

Ruang lingkup manajemen pendidikan

Menurut wilayah kerja

  • Berdasarkan wilayah kerjanya, manajemen pendidikan dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:
  • Manajemen pendidikan nasional. Pengelolaan pendidikan di tingkat nasional dapat diatasi tidak hanya melalui penyelenggaraan pendidikan sekolah, tetapi juga melalui pendidikan ekstrakurikuler, penyelenggaraan pelatihan, pengayaan penelitian atau bahkan pendidikan di tingkat nasional yang memahami budaya dan seni.
  • Penyelenggaraan pendidikan di suatu provinsi. Ruang lingkup pengelolaan ini meliputi wilayah kerja terbatas provinsi, yang pelaksanaannya dibantu oleh tenaga pengelola pendidikan yang berada di wilayah kabupaten dan kecamatan.
  • Manajemen pendidikan di suatu kabupaten atau kota. Kontrol ini hanya mencakup area kerja lingkungan atau kota.
  • Pelatihan kepemimpinan adalah unit kerja. Kepemimpinan ini berfokus pada satu unit kerja yang bertanggung jawab langsung terhadap pekerjaan pendidikan.
  • Manajemen kelas. Pengelolaan kelas, sebagai unit kegiatan terkecil dalam pengelolaan pendidikan, merupakan inti dari semua jenis pengelolaan pendidikan.
  • Subjek budidaya kedua

Ruang lingkup manajemen pendidikan, berdasarkan objek pekerjaannya, terdiri dari:

  • manajemen siswa
  • Manajemen kurikulum
  • Manajemen administrasi sekolah
  • Manajemen anggaran
  • Manajemen lembaga atau organisasi pendidikan
  • Manajemen infrastruktur
  • Manajemen staf sekolah

Manajemen hubungan masyarakat atau manajemen komunikasi pendidikan

  • Menurut fungsi atau urutan kegiatan

Ruang lingkup manajemen pendidikan tergantung pada fungsi dan urutan kegiatannya, yang terdiri dari:

  • Rencana
  • Mengatur
  • Koordinat
  • Komunikasi
  • Langsung
  • Memantau atau mengevaluasi

Demikian pembahasan artikel ruang lingkup manajemen pendidikan semoga bermanfaat secara mendetail dan jangan lupa ikuti juga postingan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *