Zaman di Saat Segala Sesuatu Belum Terjadi Disebut Zaman

- Penulis Berita

Sabtu, 1 April 2023 - 14:02

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Halo Sahabat Uspace, apakah kamu pernah mendengar tentang istilah “zaman”? Apa arti dari zaman itu sendiri? Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Zaman di Saat Segala Sesuatu Belum Terjadi Disebut Zaman dan bagaimana sejarah mencatat peristiwa penting dalam setiap zaman.

Zaman di Saat Segala Sesuatu Belum Terjadi Disebut Zaman

Pengertian Zaman

Zaman adalah periode waktu tertentu yang memiliki karakteristik dan keadaan tertentu. Zaman juga bisa di artikan sebagai suatu masa di mana terjadi peristiwa-peristiwa penting yang membentuk sejarah.

Pembagian zaman di bagi menjadi beberapa periode, tergantung pada penentuannya. Beberapa contoh periode zaman di dunia yaitu zaman prasejarah, zaman kuno, zaman tengah, zaman modern, dan zaman kontemporer.

Zaman Disaat Segala Sesuatu Belum Terjadi Disebut Zaman Prasejarah

Zaman prasejarah adalah zaman di mana manusia belum mengenal tulisan dan belum menghasilkan catatan sejarah tertulis. Pada zaman ini, manusia hidup sebagai pemburu dan pengumpul makanan serta tinggal di gua atau tempat yang sederhana.

Zaman prasejarah di bagi menjadi tiga periode yaitu Paleolitikum, Mesolitikum, dan Neolitikum. Pada periode Paleolitikum, manusia hidup sebagai pemburu dan pengumpul makanan serta menggunakan alat-alat batu yang sederhana.

Selanjutnya, pada periode Mesolitikum, manusia mulai menggunakan alat-alat yang lebih maju seperti tombak dan panah. Pada periode Neolitikum, manusia mulai mengenal pertanian dan pemeliharaan hewan serta membuat alat-alat dari bahan yang lebih maju seperti logam.

Zaman Kuno

Zaman kuno adalah periode waktu di mana munculnya peradaban-peradaban besar seperti Mesir Kuno, Yunani Kuno, dan Roma Kuno. Pada zaman kuno, tulisan sudah di temukan dan di gunakan untuk mencatat peristiwa-peristiwa penting.

Pada zaman kuno, terjadi kemajuan dalam bidang seni, sastra, filsafat, arsitektur, dan teknologi. Beberapa peristiwa penting pada zaman kuno antara lain penemuan sistem angka oleh bangsa Mesir, kemunculan filsafat di Yunani, dan pembangunan jalan raya Romawi.

Baca juga  Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi

Zaman Tengah

Zaman tengah adalah periode waktu antara zaman kuno dan zaman modern. Pada zaman tengah, terjadi peristiwa penting seperti penyebaran agama Kristen dan Islam, munculnya kerajaan-kerajaan besar di Eropa, serta di temukannya mesin cetak oleh Johannes Gutenberg.

Zaman tengah di bagi menjadi dua periode yaitu Abad Pertengahan dan Renaisans. Pada Abad Pertengahan, agama menjadi pusat kehidupan masyarakat dan terjadi kemajuan dalam bidang seni, arsitektur, dan teknologi. Selanjutnya, pada periode Renaisans, terjadi perkembangan besar dalam bidang seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Zaman Modern

Zaman modern adalah periode waktu di mana terjadi kemajuan besar dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan industri. Pada zaman modern, terjadi peristiwa penting seperti Revolusi Industri, Perang Dunia I dan II, dan kemajuan dalam bidang teknologi informasi.

Zaman modern di bagi menjadi dua periode yaitu Abad Pencerahan dan Abad Modern. Pada Abad Pencerahan, terjadi perubahan besar dalam cara pandang masyarakat terhadap kehidupan dan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan seni. Selanjutnya, pada Abad Modern, terjadi kemajuan besar dalam bidang teknologi dan industri, serta perkembangan dalam bidang politik dan sosial.

Zaman Kontemporer

Zaman kontemporer adalah periode waktu di mana kita hidup saat ini. Pada zaman kontemporer, terjadi kemajuan besar dalam bidang teknologi dan informasi, serta perubahan besar dalam cara pandang masyarakat terhadap kehidupan.

Zaman kontemporer di bagi menjadi beberapa periode, tergantung pada penentuannya. Beberapa contoh periode zaman kontemporer di Indonesia yaitu zaman kemerdekaan, zaman Orde Lama, zaman Orde Baru, dan zaman Reformasi.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pengertian zaman dan pembagian zaman berdasarkan periode tertentu. Zaman prasejarah adalah zaman di mana manusia belum mengenal tulisan dan belum menghasilkan catatan sejarah tertulis, sedangkan zaman kuno adalah periode waktu di mana munculnya peradaban-peradaban besar seperti Mesir Kuno, Yunani Kuno, dan Roma Kuno.

Baca juga  Uraikan Tiga Pokok Kegiatan Ekonomi

Selanjutnya, zaman tengah adalah periode waktu antara zaman kuno dan zaman modern, dan zaman modern adalah periode waktu di mana terjadi kemajuan besar dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan industri. Terakhir, zaman kontemporer adalah periode waktu di mana kita hidup saat ini.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian dan pembagian zaman. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Sampai Jumpa kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Berita Terkait

Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa
Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 16 desa
Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa
Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa
Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 11 desa
Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 10 desa
Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 20 desa
Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 08:08

Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 21:57

Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 16 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:29

Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:04

Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:42

Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 11 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:38

Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas lengkap dengan peta dan 20 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:10

Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:29

Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

Berita Terbaru