Doa Masuk dan Keluar Masjid

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Halo Sahabat Uspace, Apa Itu Doa Masuk dan Keluar Masjid? Masjid adalah tempat ibadah bagi umat muslim yang digunakan untuk melaksanakan sholat dan kegiatan keagamaan lainnya. Sebelum memasuki masjid, sebaiknya kita membaca doa agar mendapat berkah dari Allah SWT dan setelah keluar dari masjid, kita juga di sunahkan untuk membaca doa agar kebaikan dan berkah tetap mengiringi kita. Dalam artikel ini, akan di bahas mengenai Doa Masuk dan Keluar Masjid yang disunnahkan dalam Islam.

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Doa Masuk Masjid

Ketika kita memasuki masjid, ada beberapa doa yang di sunnahkan untuk di baca sebagai tanda kita memohon berkah dari Allah SWT. Berikut adalah doa masuk masjid yang di sunnahkan dalam Islam:

Bacaan Lainnya

1. Membaca Salam

Membaca salam merupakan tanda masuknya kita ke dalam masjid. Kita bisa membaca salam dengan ucapan “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” ketika memasuki pintu masjid.

2. Membaca Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid adalah sebagai berikut: “A’udzubillahi minasy syaitanirrajim, Bismillah wassalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, Allahummaftahli abwaba rahmatik”. Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Dengan menyebut nama Allah dan shalawat atas Rasulullah, Ya Allah bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

3. Membaca Doa Tahiyatul Masjid

Doa tahiyatul masjid adalah sebagai berikut: “A’udzubillahi minasy syaitanirrajim, Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihat”. Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan terwujud”.

Doa Keluar Masjid

Ketika kita keluar dari masjid, kita juga di sunnahkan untuk membaca doa agar kebaikan dan berkah tetap mengiringi kita. Berikut adalah doa keluar masjid yang di sunnahkan dalam Islam:

1. Membaca Salam

Ketika kita keluar dari masjid, kita juga bisa membaca salam dengan ucapan “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

2. Membaca Doa Keluar Masjid

Doa keluar masjid adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as’aluka min fadhlika, Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika,

Artinya, “Ya Allah, aku memohon keutamaan-Mu, Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat dan mensyukuri-Mu”.

3. Membaca Doa Istighfar

Doa istighfar adalah sebagai berikut: “Astaghfirullahaladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih”. Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Mengurus, dan aku bertaubat kepada-Nya”.

Dengan membaca doa masuk dan keluar masjid, kita mengingatkan diri untuk selalu bersyukur dan memohon ampunan dari Allah SWT. Selain itu, doa juga sebagai bentuk ibadah yang dapat memperkuat iman dan taqwa kita sebagai hamba Allah.

Kesimpulan

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan keimanan kita sebagai umat muslim. Teruslah membaca doa masuk dan keluar masjid sebagai tanda rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Sampai Jumpa kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *