lamanya permainan sepak bola adalah

Lamanya Permainan Sepak Bola dalam Satu Pertandingan

Bagi para pecinta sepak bola, sudah menjadi hal yang biasa menonton pertandingan dengan durasi waktu 90 menit. Namun, tahukah Anda bahwa panjangnya durasi waktu pertandingan sepak bola ini memiliki sejarah dan aturan yang menarik? Lamanya permainan sepak bola dalam satu pertandingan bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Di balik 90 menit waktu yang kita lihat di lapangan, ada banyak faktor dan peraturan yang harus diikuti. Mari kita selami lebih dalam tentang lamanya permainan sepak bola ini dan apa yang membuatnya begitu menarik.

Lamanya Permainan Sepak Bola

Dalam peraturan sepak bola, lamanya permainan secara resmi adalah 90 menit, yang terbagi menjadi dua babak masing-masing 45 menit. Setiap babak dihentikan oleh wasit untuk waktu tambahan, yang disebut injury time. Ini berarti bahwa waktu sebenarnya untuk bermain dalam sebuah pertandingan sepak bola dapat melebihi 90 menit, tergantung pada berapa lama wasit menambah waktu.

Peraturan Waktu dalam Sepak Bola

Permainan sepak bola terdiri dari dua babak, masing-masing berlangsung selama 45 menit. Pada setiap babak, waktu dapat berhenti jika terjadi pelanggaran, pergantian pemain, atau situasi lain yang memerlukan peninjauan wasit. Wasit memiliki wewenang untuk menentukan berapa lama waktu tambahan yang perlu ditambahkan di akhir setiap babak untuk mengkompensasi waktu yang hilang selama waktu berhenti tersebut, yang biasanya disebut injury time.

Wasit biasanya memantau waktu tambahan dengan menggunakan jam. Selama injury time, permainan masih berlanjut meskipun waktu yang ditampilkan di papan skor telah mencapai 45 menit. Pada akhir babak pertama, tim biasanya memiliki waktu istirahat selama 15 menit sebelum memulai babak kedua.

Penentuan Pemenang dalam Permainan

Setelah 90 menit bermain, jika kedua tim mencetak jumlah gol yang sama, permainan dapat berlanjut dengan perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu terdiri dari dua babak masing-masing 15 menit, tanpa ada interval istirahat di antara keduanya. Jika tidak ada gol yang tercipta selama perpanjangan waktu, maka pemenang ditentukan melalui adu penalti.

Adu penalti adalah proses di mana setiap tim secara bergantian mengeksekusi tendangan penalti ke gawang lawan. Tim yang berhasil mencetak jumlah gol lebih banyak setelah serangkaian adu penalti akan menjadi pemenang pertandingan.

Pertandingan Sepak Bola dengan Durasi Tersingkat

Meskipun aturan resmi mengharuskan permainan berlangsung selama 90 menit, tidak jarang terjadi pertandingan sepak bola dengan durasi lebih singkat. Misalnya, dalam pertandingan persahabatan atau pertandingan persiapan, durasi permainan dapat disesuaikan dengan kesepakatan kedua tim. Beberapa pertandingan tersebut mungkin hanya berlangsung selama 60 atau 70 menit.

Terlebih lagi, dalam pertandingan anak-anak atau pemuda, durasi permainan biasanya dikurangi menjadi 60 atau 70 menit. Penyesuaian tersebut dilakukan untuk mempertimbangkan tingkat kebugaran fisik dan kebutuhan pendidikan para pemain muda yang masih dalam tahap pengembangan.

Sejarah Durasi Permainan Sepak Bola

Asal Usul Lamanya Permainan

Aturan lamanya permainan sepak bola telah mengalami perubahan sepanjang sejarah olahraga ini. Pada awalnya, tidak ada durasi yang ditentukan dan permainan bisa berlangsung selama beberapa hari. Namun, pada akhir abad ke-19, aturan 90 menit pertama kali diperkenalkan oleh The Football Association (FA) di Inggris.

Perkembangan Durasi Permainan

Seiring waktu, durasi permainan mengalami penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan kompetisi dan pemain. Pada tahun 1866, pertandingan internasional resmi pertama diatur dengan durasi 90 menit. Kemudian, pada tahun 1897, waktu tambahan diperkenalkan untuk mengakomodasi waktu yang terbuang karena cedera pemain atau waktu pembagian poin.

Konsistensi Durasi Permainan

Meskipun ada beberapa modifikasi sepanjang sejarah, aturan 90 menit dalam sepak bola tetap menjadi norma utama hingga saat ini. Ini adalah durasi yang paling umum digunakan di berbagai kompetisi dan level permainan di seluruh dunia. Namun, di beberapa turnamen atau liga, seperti Piala Dunia atau Liga Champions, ada tambahan waktu ekstra jika diperlukan untuk menentukan pemenang.