Musik Umumnya Bertindak Sebagai Media​

Musik Umumnya Bertindak Sebagai Media​

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Musik Umumnya Bertindak Sebagai Media​

Musik Umumnya Bertindak Sebagai Media​

Bacaan Lainnya

Musik Umumnya Bertindak Sebagai Media​ ….

Jawaban dari soal Musik sebagai media ekspresi dalam bentuk suara dengan irama / ritme teratur.

Pembahasan : Fungsi Musik Sebagai Media

Di Indonesia, fungsi musik dalam masyarakat terbagi menjadi tiga, yaitu musik dalam kerohanian (sarana upacara), musik dalam pendidikan dan musik dalam hiburan.

1. Musik sebagai sarana upacara

Dalam hal upacara, musik digunakan sebagai media untuk mendistribusikan rangkaian upacara. Beberapa upacara menggunakan musik, di antaranya upacara Sekatenan di Cirebon, Jawa Barat. Dalam upacara ini masyarakat menggunakan gamelan sebagai alat musik pengiring musik pada upacara tersebut.

2. Sebagai alat komunikasi

Instrumen tersebut merupakan salah satu alat komunikasi dalam masyarakat. Biasanya, komunikasi menggunakan instrumen atau alat musik tertentu untuk memberi isyarat kepada masyarakat luas. Misalnya kentongan dan gendang. Kentongan biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa yang terjadi di daerah sekitar. Sedangkan bedug merupakan tanda khas datangnya waktu sholat bagi masyarakat muslim.

3. Musik sebagai sarana pendidikan

Fungsi musik yang lain adalah sebagai sarana pendidikan. Di sini kita dapat menemukannya dalam banyak hal, misalnya musik dan lagu yang berjiwa religi, sebagai hal yang mengajarkan dan memberi informasi dalam kehidupan.

4. Musik sebagai sarana bisnis dan ekspresi

Musik adalah wahana bisnis komoditas dan ekspresi dalam banyak hal, termasuk bisnis rekaman; mengungkapkan perasaan, Promosi Dagang, gagasan dan gagasan dengan memberikan pelampiasan pada seni musik; dan membuat dan memproses musik.

5. Musik sebagai sarana hiburan

Mengenai fungsi musik sebagai sarana hiburan dapat kita jumpai dalam berbagai kesempatan. Misalnya saat memutar musik sebagai pelepas penat; saat Anda berada di tengah-tengah permainan di mana musik menjadi pengiring; dan saat Anda ingin menyegarkan.

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih