Sebutkan Karakteristik Benua Australia

Sebutkan Karakteristik Benua Australia

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Sebutkan Karakteristik Benua Australia! (minimal 5)

Jawaban dari soal Karakteristik Benua Austaria antara lain adalah:

  1. Bagian tengah dan barat adalah daerah dataran gurun yang kering.
  2. Bagian timur terdapat pegunungan yang membujur dari Utara ke Selatan yang di namakan Great Dividing Range. Wilayah timur ini memiliki curah hujan tinggi dan merupakan tempat tinggal kebanyakan penduduk Australia.
  3. Bagian utara adalah daerah dataran rendah sekitar Teluk Carpentaria.
  4. Bagian selatan adalah dataran rendah sekitar Teluk Great Australian Bight.
  5. Di lepas pantai timur terdapat Karang Penghalang Besar (Great Barier Reef).
  6. Banyak terdapat hewan endemik khas dari jenis marsupalia (mamalia berkantung)
  7. Penduduk asli adalah suku Aborigin

Pembahasan Ciri Benua Australia

Australia adalah benua terkecil di dunia dengan luas sekitar 8,6 juta km2. Berada di bagian tenggara Indonesia, benua ini memiliki beberapa ciri atau ciri yang membedakannya dengan benua lain.

Benua Australia di kenal dengan banyaknya hewan endemik yang hanya terdapat di benua ini, di antaranya hewan berkantung (marsupial) seperti kanguru, wombat, koala, dan opossum.

Australia adalah benua terendah di dunia dengan ketinggian rata-rata hanya 330 meter. Titik tertinggi di benua Australia adalah Gunung Kosciuszko, 2228 meter di atas permukaan laut.

Benua Australia juga merupakan benua terkering, dengan curah hujan paling sedikit. Bagian tengah benua Australia merupakan dataran rendah dan daerah gurun.

Keadaan gersang benua Australia tidak terlepas dari keberadaan pegunungan yang membentang dari utara ke selatan, yang di sebut Great Dividing Range. Pegunungan tinggi ini terletak sejajar dengan pantai timur Australia dan menghalangi uap air pedalaman dari Samudera Pasifik. Alhasil, kawasan pantai timur banyak menerima curah hujan dan padat penduduk dengan kota-kota besar seperti Melbourne, Sydney, dan Brisbane. Tetapi bagian tengah Australia kering dan jarang penduduknya.

Di bagian selatan benua Australia terdapat sebuah teluk besar yang di sebut Great Australian Bight. Sedangkan di sebelah utara terdapat Teluk Carpentaria yang memisahkannya dengan Pulau Papua.

Di sebelah timur benua Australia terdapat karang penghalang terbesar di dunia, yang di sebut Great Barrier Reef. Terumbu karang ini membentang lebih dari 2300 km dan memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi.

Sebagian besar penduduk Australia adalah keturunan imigran. Di perkirakan 70% adalah keturunan Eropa. Jumlah suku asli yaitu suku Aborigin hanya sekitar 800 ribu orang.

Detail jawaban : Karateriktik Benua Australia

Mata pelajaran: IPS

Mata pelajaran: IPS/Geografi

Materi: Bab 10 – Benua dan Samudra

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait