Kerajaan Samudera Pasai Menjadi Pusat Perdagangan Karena

Kerajaan Samudera Pasai Menjadi Pusat Perdagangan Karena

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Kerajaan Samudera Pasai Menjadi Pusat Perdagangan Karena

Kerajaan Samudera Pasai Menjadi Pusat Perdagangan Karena

Bacaan Lainnya

Kerajaan Samudera Pasai Menjadi Pusat Perdagangan Karena

Jawaban soal Kerajaan Samudera Pasai Pusat Perdagangan

Menjadi pusat perdagangan karena letaknya yang strategis. Posisi geografis Samudra Pasai sangat strategis karena berbatasan dengan Selat Malaka dan berada pada jalur perdagangan internasional melalui Samudra Hindia antara Jazirah Arab, India, dan Cina.

Pembahasan Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Nusantara yang berkuasa dari abad ke-13 hingga abad ke-16. Samudera Pasai terletak di pesisir utara Sumatera, lebih tepatnya di Kota Lhokseumawe, Aceh. Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh Nazimuddin al-Kamil, seorang laksamana dari Mesir. Nazimuddin kemudian mengangkat Marah Silu sebagai pemimpin pertama Samudera Pasai dengan gelar Sultan Malik Al-Saleh.
Menjadi pusat perdagangan karena letaknya yang strategis di dekat Selat Malaka. Pada abad ke-13, Selat Malaka merupakan jalur perdagangan internasional yang dilalui para pedagang dari Jazirah Arab, India, dan Tiongkok.

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *