Jelaskan Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka Dan Tumbuhan Berbiji Tertutup

- Author

Rabu, 20 September 2023 - 00:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satu ciri yang membedakan tumbuhan adalah bagaimana mereka berkembang biak. Ada dua jenis tumbuhan yang memiliki cara berkembang biak yang berbeda, yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.

1. Tumbuhan Berbiji Terbuka:
Tumbuhan berbiji terbuka memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Salah satunya adalah adanya biji yang terletak pada permukaan skrotum (tongkol, atau polong). Biji ini dapat dengan mudah terlihat dan diraba oleh manusia.

Proses pembuahan pada tumbuhan berbiji terbuka juga berbeda. Pada tumbuhan ini, biji terbentuk setelah benih jantan melepaskan serbuk sari yang diterbangkan oleh angin, hewan, atau seresah air. Serbuk sari tersebut kemudian jatuh atau menempel pada benih betina dan masuk ke dalam ovarium. Setelah benih jantan dan betina bertemu, biji pun terbentuk.

Biji yang dihasilkan oleh tumbuhan berbiji terbuka juga memiliki ciri khusus. Bagian biji yang berfungsi sebagai perlindungan disebut dengan kulit biji. Selain itu, biji ini juga memiliki endosperma yang berfungsi sebagai cadangan makanan untuk embrio biji.

2. Tumbuhan Berbiji Tertutup:
Berbeda dengan tumbuhan berbiji terbuka, tumbuhan berbiji tertutup memiliki ciri-ciri yang sedikit berbeda. Pada tumbuhan ini, biji terletak di dalam bakal buah yang disebut dengan buah kayu yang mengeras dan tidak terlihat dari luar.

Proses pembuahan pada tumbuhan berbiji tertutup melibatkan bantuan serangga atau burung sebagai penyerbuk. Serangga atau burung tersebut membantu penyerbukan dengan mengangkut serbuk sari dari benih jantan ke benih betina. Setelah penyerbukan terjadi, buah kayu akan terbentuk dan biji pun akan berkembang di dalamnya.

Biji pada tumbuhan berbiji tertutup juga memiliki karakteristik yang berbeda. Biasanya, biji ini tidak memiliki kulit biji yang keras. Kadang-kadang, biji ini juga tidak memiliki endosperma. Namun, mereka memiliki embrio biji yang dilindungi oleh lapisan tipis yang disebut dengan tegmen.

Itulah perbedaan antara tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Saya harap penjelasan ini bisa membantu kalian memahami lebih dalam mengenai karakteristik dan proses berkembang biak dari kedua jenis tumbuhan ini.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satu ciri yang membedakan tumbuhan adalah bagaimana mereka berkembang biak. Ada dua jenis tumbuhan yang memiliki cara berkembang biak yang berbeda, yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis tumbuhan ini secara lebih mendalam.

Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tumbuhan Berbiji Tertutup

Ketika kita membahas tentang tumbuhan, salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan adalah metode reproduksi mereka. Salah satu metode reproduksi yang paling umum ditemui pada tumbuhan adalah melalui pembentukan biji. Dalam dunia botani, terdapat dua jenis tumbuhan berdasarkan cara tumbuhnya biji yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.

Pengertian Tumbuhan Berbiji Terbuka

Tumbuhan berbiji terbuka adalah tumbuhan yang bijinya tidak terlindungi oleh bakal biji atau daun buah. Biasanya, biji tumbuhan ini terlihat jelas dalam struktur bunga yang tidak menghasilkan buah. Karakteristik unik dari tumbuhan berbiji terbuka ini adalah bijinya terlihat dengan jelas pada bunga.

Karakteristik Tumbuhan Berbiji Terbuka

Tumbuhan berbiji terbuka memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan tumbuhan lainnya. Salah satunya adalah biji tumbuhan ini tidak dilindungi oleh bakal biji sehingga terlihat dengan jelas pada bunga. Selain itu, tumbuhan berbiji terbuka juga memiliki bunga yang biasanya lebih sederhana dibandingkan dengan tumbuhan berbiji tertutup. Bunga ini tidak memiliki bagian yang berubah menjadi buah setelah pembuahan. Pada umumnya, tumbuhan berbiji terbuka juga mengandalkan perantara lain, seperti angin, hewan, atau air, untuk penyerbukannya.

Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka

Di sekitar kita, terdapat banyak contoh tumbuhan berbiji terbuka yang sering kita jumpai. Beberapa contohnya antara lain rumput-rumputan, pinus, kelapa sawit, dan anggrek hutan. Tumbuhan-tumbuhan ini memiliki biji yang terlihat jelas dan tidak dilindungi oleh bakal biji atau daun buah.

Pengertian Tumbuhan Berbiji Tertutup

Tumbuhan berbiji tertutup adalah tumbuhan yang bijinya terlindungi dalam bakal buah yang berasal dari bunga. Pada tumbuhan ini, biji tidak terlihat secara langsung karena tersembunyi di dalam buah yang berkembang setelah proses pembuahan.

Karakteristik Tumbuhan Berbiji Tertutup

Tumbuhan berbiji tertutup memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari tumbuhan berbiji terbuka. Salah satunya adalah biji yang terlindungi oleh bakal buah sehingga tidak terlihat secara langsung. Selain itu, tumbuhan ini umumnya memiliki bunga yang lebih kompleks dengan beberapa bagian yang berubah menjadi buah setelah pembuahan. Tumbuhan berbiji tertutup biasanya mengandalkan hewan seperti burung dan serangga untuk penyerbukannya.

Tumbuhan berbiji tertutup juga memiliki sistem perakaran yang berkembang dengan baik. Akar mereka menyelam ke dalam tanah untuk mengambil air dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki batang yang tegak dan kuat untuk menopang berat bunga dan buah yang akan berkembang.

Tumbuhan berbiji tertutup juga memiliki daun yang beragam bentuk dan ukuran. Daun-daun ini berperan dalam proses fotosintesis, yaitu mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Selain itu, daun juga berfungsi sebagai tempat penguapan air melalui stomata yang terdapat pada permukaannya.

Tumbuhan berbiji tertutup umumnya memiliki organ reproduksi yang kompleks. Selain memiliki bunga yang mengandung alat kelamin jantan dan betina, tumbuhan ini juga memiliki benang sari dan putik yang berperan dalam proses pembuahan. Setelah pembuahan terjadi, bakal buah yang mengandung biji akan berkembang dan melindungi biji tersebut.

Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup

Contoh tumbuhan berbiji tertutup sangatlah banyak di sekitar kita. Beberapa contohnya adalah mangga, anggur, apel, dan jeruk. Pada tumbuhan ini, biji yang terlindungi oleh buah berkembang setelah proses pembuahan dan tidak terlihat secara langsung pada bunga. Tumbuhan berbiji tertutup umumnya memiliki bunga yang lebih beragam dan menarik perhatian hewan penyerbunya.

Misalnya, pada tumbuhan mangga, biji terlindungi oleh buah yang memiliki kulit yang tebal dan daging yang manis. Ketika buah matang, biji akan terbungkus rapat di dalam daging buah. Begitu pula dengan tumbuhan jeruk yang memiliki buah berkulit tebal dan mengandung banyak biji di dalamnya.

Tumbuhan berbiji tertutup seperti anggur dan apel juga memiliki buah yang mengandung banyak biji. Pada buah anggur, biji-biji tersebut terletak di dalam daging buah yang lembut. Sedangkan pada apel, biji-biji tersebut terletak di dalam biji jaringan yang keras dan tersembunyi di dalam daging buah yang krispi.

Dalam kesimpulannya, tumbuhan berbiji tertutup memiliki biji yang terlindungi oleh buah yang berkembang setelah pembuahan. Mereka memiliki bunga yang kompleks dan mengandalkan hewan penyerbuk untuk proses penyerbukannya. Contoh-contoh tumbuhan berbiji tertutup seperti mangga, anggur, apel, dan jeruk banyak ditemukan di sekitar kita.

Jelaskan perbedaan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup dalam artikel ini.

Berita Terkait

Pki Menuntut Pemerintah Indonesia Untuk Membentuk Angkatan Kelima Dengan Tujuan
Sifat Kemagnetan Suatu Logam Dapat Dihilangkan Dengan Cara Berikut Kecuali
Dibawah Ini Yang Termasuk Ke Dalam Struktur Teks Eksplanasi Ialah
Vested Interest Adalah
Setiap Unsur Mampu Membentuk Ikatan Kimia Karena Memiliki
Suatu Konflik Sosial Akan Berkembang Menjadi Kekerasan Apabila
Perhatikan Pernyataan Berikut Ini
Para Pedagang Arab Menyebut Zabag Zabay Atau Sribusa Untuk Kerajaan
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 09:00 WIB

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:47 WIB

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:25 WIB

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 April 2024 - 17:10 WIB

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 10:13 WIB

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 09:51 WIB

Peta Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:56 WIB

Peta Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:40 WIB

Peta Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah

Berita Terbaru

Gambar Peta

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 09:00 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:47 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:25 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 Apr 2024 - 17:10 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 Apr 2024 - 10:13 WIB