Jelaskan Pengertian Senam Irama

Jelaskan Pengertian Senam Irama

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Senam Irama

Senam irama atau di sebut juga senam ritmik yaitu gerakan senam yang di mana di lakukan dengan di iringi musik atau nyanyian dengan irama yang mengikutinya. Gerakan inti di dalam senam irama atau senam ritmik ialah gerakan dasar yang di mana wajib di miliki oleh setiap pemain senam. Gerakan tersebut akan dapat menciptakan sebuah irama dan koreografi sendiri. Ada beberapa gerakan senam yang wajib di kuasi oleh atlet senam irama, seperti handstand, skiap lilin, kayang, salto depan atau belakang, split samping dan depan, senam kelenturan, dan lain-lain.

Pembahasan detail tentang senam Irama

Berikut ialah macam-macam senam irama atau senam ritmik:

  1. senam dengan alat bola
  2. senam menggunakan alat pita
  3.  dengan alat gada
  4. senam dengan alat simpai

Di dalam senam irama atau senam ritmik juga terdapat unsur-unsur di dalamnya. Berikut adalah unsur-unsur dalam senam irama atau senam ritmik :

  • Kelenturan : senam irama sangat memperhatikan gerakan lentur dan gestur tubuh yang di ikuti oleh persendian ekstrim dan lekukan-lekukan tubuh.
  • Keseimbangan : keseimbangan akan di butuhkan pada saat gerakan sulit seperti berputar dengan menggunakan satu kaki.
  • Keindahan : keindahan dapat di gunakan untuk pertunjukan dan salah satu elemen utama yang berada dalam senam irama .
  • Ketepatan : ketepatan di butuhkan karena atlet tidak hanya menghitung pola langkah pada tempatnya saja namun gerakan harus seirama dengan musik yang mengiringinya.
  • Kekuatan : tanpa adanya kekuatan yang baik maka atlet tidak akan bisa melakukan gerakan yang sulit.
  • Keluwesan : keluwesan akan di dapat dengan cara koreografi yang sudah di susun dan dengan latihan yang teratur.

 

 Detial Soal

Kelas: 9

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 8 – Senam Irama

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *