Apa Yang di Maksud Dengan Seni Musik

Apa Yang di Maksud Dengan Seni Musik

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Yang di Maksud Dengan Seni Musik

 

Seni musik yaitu hasil cipta sebagai bentuk pengungkapan perasaan dan emosi yang di tuangkan dalam bentuk suara atau audio dengan memperhatikan unsur-unsurnya berupa sehingga menghasilkan nada yang indah. Seni musik termasuk cabang dalam seni audio.

Pembahasan detail tentang Seni Musik

Seni, siapa yang tidak mengenal seni? Seni merupakan hasil karya atas pemikiran dan pengungkapan rasa seseorang dengan memerhatikan nilai estetika atau keindahan. Hampir seluruh benda di sekitar kita memiliki kesenian masing masing. Contohnya ialah lagu yang selalu kita dengar di zaman modern ini. Lagu itu merupakan salah satu seni, khususnya cabang seni musik.

Seni musik memiliki beberapa hal unsur-unsur yang perlu di perhatikan antara lain :

  1. Ritme atau irama
  2. Melodi
  3. Harmoni
  4. Birama
  5. Tangga Nada
  6. Tempo
  7. Dinamik

Seni musik bisa berasal dari anggota tubuh manusia (internal) maupun dari alat musik. Dengan bahasa lain, seni musik ini terdiri atas bernyanyi dan memainkan alat musik. Musik juga bisa di mainkan secara individual maupun berkolompok, contoh berkelompok itu seperti band, paduan suara, canon, acapela, dan lain-lain. Seni musik juga terbagi menjadi dua, yaitu musik tradisional dan musik modern.

Pada umumya, seni musik hanya bertujuan sebagai hiburan semata, misalnya ketika kita lagi bosen, pasti beberapa dari kita memutarkan lagu. Tapi, musik juga bertujuan untuk mengungkaplan ekspresi seseorang, makanya kebanyakan orang yang galau pasti memutar lagu yang galau juga..

 

 

Detail Soal

Kelas : 12 SMA

Mapel : Seni

Bab : Bab 4 – Analisis Seni Musik

Kata Kunci : pengertian, musik, jenis, unsur

 

 

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *