Jelaskan Pengertian Ragam Hias

Jelaskan Pengertian Ragam Hias

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Ragam Hias

Ragam hias yaitu suatu karya seni yang dibuat, yang dimana karya seni ini bertujuan untuk memberikan hiasan (menghiasi) suatu benda sehingga benda tersebut dapat menjadi lebih indah, menarik, bermakna, dan lainnya, serta ragam hias dapat terdiri dari bermacam-macam pola (memiliki susunan pola) dan dapat di jadikan sebagai ciri khas suatu daerah.

Pembahasan detail tentang Ragam Hias

Ternyata, kata ragam hias ini berasal dari kata ornare yang berarti menghias, jadi ragam hias dapat disebut sebagai ornamen.

Seperti yang sudah kita ketahui, ragam hias merupakan karya seni yang bertujuan untuk memperindah suatu benda, nah jika suatu barang semakin indah maka nilai untuk barang tersebut (seperti nilai harga jual) akan semakin tinggi dan bertambah, tentu hal ini sangat menguntungkan.

Contohnya : sebuah meja yang di beri hiasan seperti ukiran yang sangat detail, tentu akan jauh lebih indah dan jauh lebih mahal di banding dengan meja kayu biasa (yang polos dan tidak ada ukirannya).

Ragam hias dapat di jadikan sebagai ciri khas suatu daerah, contoh ragam hias di setiap daerah yaitu ada ragam hias Lampung, ragam hias Bali, ragam hias Papua, dan lainnya.

Ragam hias dapat terdiri dari bermacam-macam motif, contoh motifnya adalah motif geometris, motif benda alam, dan lainnya.

Dan ragam hias di bedakan menjadi 5 jenis, yaitu :

a. Ragam hias manusia

b. Ragam hias hewan

c. Ragam hias geometris

d. Ragam hias benda alam

e. Ragam hias tumbuhan

Detail Soal

Mapel : Seni

Kelas : 7 SMP

Materi : Bab 2 – Menggambar Ragam Hias

Kata Kunci : Pengertian, ragam, hias

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *