Jelaskan Pengertian Tangga Nada

Jelaskan Pengertian Tangga Nada

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Tangga Nada

Tangga nada merupakan bagian terpenting dari seni musik dan menjadi salah satu unsur seni musik yang harus kita pelajari dan kuasai. Skala Anda adalah rangkaian nada yang di susun secara bertahap, misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Pembahasan detail tentang Tangga Nada

Tangga nada terbagi menjadi dua jenis, adalah tangga nada di atonis dan tangga nada pentatonik.

  • Tangga nada Diatonis Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki dua jarak tangga nada yaitu satu setengah. Catatan piano dan organ termasuk dalam sistem di atonis. Nada diatonis memiliki dua jenis tangga nada, di antaranya tangga nada diatonis mayor dan tangga nada minor. Tangga nada minor meliputi tangga nada minor asli, tangga nada minor harmonik, dan tangga nada minor melodis.
  • Tangga nada pentatonik: Tangga nada pentatonik adalah jenis tangga nada yang hanya menggunakan lima nada utama. Nada pentatonik yang berbeda di bedakan dengan jarak antara nada dan pilihan suara yang di dengar. Tangga nada pentatonik ini menggunakan pelog dan slendro.

 

Detail Soal

Kelas:  3

Mapel:  Seni Budaya

Bab:  Bab 3 – Simbol Nada dan Tempo Lagu

Kata Kunci:  Tangga Nada, Nada, Musik

 

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait