Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila

Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila

 

Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila

Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila

Jawab :

 

Demokrasi pancasila merupakan sistem ketatanegaraan yang kita anut saat ini. Sistem demokrasi pancasila merupakan pengembangan dari bentuk asli sistem demokrasi yang disesuaikan dengan jati diri dan kebutuhan bangsa dan negara indonesia. Demokrasi sendiri dapat diartikan sebagai sistem ketatanegaraan dimana pemerintah berupaya mewujudkan kedaulatan rakyat sebagai kedaulatan tertinggi dalam negara. Hal ini erat kaitannya dengan arti harfiah dari demokrasi itu sendiri, yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan.

Penjelasan Demokrasi Pancasila

Secara khusus, negara kita menganut demokrasi pancasila. Demokrasi pancasila adalah sistem demokrasi yang di laksanakan dengan mengutamakan prinsip musyawarah dan mufakat untuk kepentingan bersama yang berakar pada falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia. Dalam hal ini yang di maksud dengan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia tidak lain adalah Pancasila itu sendiri. Oleh karena itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pun kita harus mengimplementasikan nilai-nilai pancasila.

Dalam demokrasi pancasila setidaknya ada 2 prinsip utama:

  1. Dasar kewarganegaraan

Prinsip ini d ilandasi oleh kecintaan kita pada rakyat, menyatu dengan takdir dan cita-cita seluruh rakyat, serta menanamkan dalam jiwa rakyat sebagai satu bangsa yang sehati, berbagi nasib, berbagi tanggung jawab dan satu cita-cita bersama untuk seluruh rakyat.

  1. Prinsip musyawarah untuk mufakat

Asas ini memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menyampaikan aspirasinya melalui forum musyawarah. Dengan forum ini di harapkan semua aspirasi dapat di akomodasi dan melahirkan kesepakatan bersama untuk mencapai tujuan yang kita harapkan sebagai bangsa dan negara.

Kesimpulan :

Demokrasi pancasila adalah sistem demokrasi yang di laksanakan dengan mengutamakan prinsip musyawarah dan mufakat untuk kepentingan bersama yang berakar pada falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia.

 

Detail Soal

Kelas: SMP

Mata pelajaran: PPKn

Kategori: Demokrasi

Kata kunci: Demokrasi Pancasila

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih