Tujuan Pidato Argumentatif

Tujuan Pidato Argumentatif

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tujuan Pidato Argumentatif

 

Tujuan Pidato Argumentatif

Tujuan Pidato Argumentatif

Jawab :

 

Salah satu tujuan penyampaian pidato argumentatif adalah untuk menyanggah atau mendukung suatu pernyataan atau suatu masalah. Dalam menyampaikan penolakan atau dukungan dalam penyampaian tuturan argumentatif harus di dasarkan pada bukti atau alasan dari penutur tuturan tersebut.

Penjelasan detail tentang pidato argumentatif

Pidato menurut definisi Arsjad berarti suatu kegiatan penyampaian yang di lakukan oleh seseorang dengan maksud tertentu. Ada beberapa jenis pidato dengan fungsi yang berbeda seperti:

  1. Pidato informatif yaitu salah satu jenis pidato yang di sampaikan yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pengetahuan atau informasi penting.
  2. Persuasif adalah salah pidato yang di sampaikan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat orang yang mendengarkan pidato tersebut.
  3. Pidato hiburan adalah salah satu jenis pidato yang di sampaikan yang memiliki tujuan menawarkan kegembiraan.
  4. Tuturan argumentatif adalah salah satu jenis tuturan yang di sampaikan yang memiliki tujuan untuk menolak atau mendukung suatu pernyataan.

 

Detail Soal

Kelas: VII

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Pidato

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih