Apa Pengertian Konsep Ruang Jelaskan

Apa Pengertian Konsep Ruang Jelaskan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Pengertian Konsep Ruang Jelaskan

Pengertian konsep ruang adalah tempat hidup manusia, hewan, serta tumbuhan yang berada di seluruh permukaan bumi.

Pembahasan detail tentang Konsep Ruang

Konsep Ruang merupakan tempat hidup manusia, hewan, serta tumbuhan yang berada di seluruh permukaan bumi. Dengan kata lain ruang ialah seluruh permukaan bumi di mana di gunakan untuk tempat makhluk hidup tinggal. Ruang adalah tempat untuk mewadahi aktivitas makhluk hidup. Yang termasuk ke dalam ruang adalah seperti udara, perairan seperti laut, danau serta sungai, tanah, air, batuan, hingga lapisan atmosfer.

Ruang pada permukaan bumi mempunyai macam – macam karakteristik yang berbeda. Dapat di katakan bahwa seluruh ruang pada permukaan berbeda-beda. Perbedaan ini menimbulkan interaksi antara ruang satu dengan ruang lainnya. Interaksi tersebut adalah interkasi antarruang. Interaksi antarruang merupakan sebuah cara mengelola ruang yang ada pada permukaan bumi atas dasar potensi ruang dan permasalahan ruang serta keterkaitan antarruang di sekitarnya.

Berikut ini merupakan syarat-syarat terjadinya interaksi antar ruang, antara lain :

1.Saling melengkapi atau complementarity, ialah suatu kondisi di mana ruang satu dengan ruang lainnya saling melengkapi ketika terdapat perbedaan komoditas yang di hasilkannya.

2.Kesempatan antara atau intervening opportunity, yaitu sebuah lokasi yang memberikan penawaran alternaif lebih baik.

3.Keadaan dapat di pindahkan atau di serahkan atau transferability.

Bentuk-bentuk interaksi antarruang, antara lain :

1.Mobilitas penduduk, interaksi yang berupa perpindahan atau pergerakan yang di lakukan oleh manusia, seperti, imigrasi, urbanisasi, emigrasi, serta transimgrasi, atau hanya sekedar perjalanan kerja atau wisata.

2.Komunikasi, berupa perpindahan informasi atau gagasan.

3.Transportasi, interkasi yang berupa perpindahan suatu barang atau energy, seperti pengangkutan suatu barang.

 

Detail Soal

Kelas : 7

Pelajaran : Geografi

Kategori : Bab 1 – Konektivitas Antarruang dan Antarwaktu

Kata Kunci : pengertian konsep ruang, interkasi antar ruang, bentuk interaksi antar ruang, syarat interaksi antar ruang.

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *