Jelaskan Proses Terjadinya Hujan

Jelaskan Proses Terjadinya Hujan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Proses Terjadinya Hujan

 

Jelaskan Proses Terjadinya Hujan

Jelaskan Proses Terjadinya Hujan

Jawab :

 

Proses terjadinya hujan adalah mula-mula terjadinya proses evaporasi yakni adanya sinar matahari yang membawa energi atau cahaya panas, kemudian air-air yang ada di bumi akan menguap dan membuat proses kondensasi sehingga uap tersebut menjadi embun lalu ketika suhu udara meningkat embun-embun akan memadat dan membentuk awan dan terbawa oleh tekanan angin kemudian berkumpul menjadi besar kelabu dan siap untuk menurunkan hujan.

Pembahasan detail tentang terjadinya hujan

Perlu kita ketahui bahwa hujan adalah bentuk dari proses presipitasi dan memiliki siklus hidrologi. Proses terjadinya hujan adalah mula-mula terjadinya proses evaporasi yakni adanya sinar matahari yang membawa energi atau cahaya panas, kemudian air-air yang ada di bumi akan menguap dan membuat proses kondensasi sehingga uap tersebut menjadi embun lalu ketika suhu udara meningkat embun-embun akan memadat dan membentuk awan dan terbawa oleh tekanan angin kemudian berkumpul menjadi besar kelabu dan siap untuk menurunkan hujan.

Hujan ada 3 jenis dan dalam prosesnya pun berbeda-beda seperti pada penjelasan berikut ini:

1.Hujan Orografis

Hujan ini terjadi pada wilayah daerah pegunungan atau daratan tinggi. Terjadinya hujan ini dikarenakan uap air dari dataran rendah terbawa ke dataran tinggi bersama angin dengan massa udara yang memiliki suhu rendah sehingga membuat uap tersebut menjadi embun dan membentuk awan. Ketika awan-awan ini sudah jenuh lalu di dataran tinggi atau pegunungan tersebut.

2.Hujan Zenith

Hujan zenith biasa disebut dengan hujan konveksi dan biasa terjadi hanya di sekitar garis khatulistiwa bumi. Hujan ini terjadi akibat adanya pertemuan angin pasat tenggara dan angin pasat timur laut hingga membentuk gumpalan secara vertikal akibat terkena sinar panas matahari. Akibatnya suhu yang berada di sekitarnya menjadi rendah dan massa awan semakin meningkat sampai membentuk titik jenuh dan hujan akan siap turun.

3.Hujan Frontal

Hujan frontal ini dapat terjadi akibat adanya pertemuan udara yang bersuhu rendah bertemu dengan uap air lembab yang terbawa oleh angin musim panas. Karena pertemuan massa ini terjadi pada bidang front maka tempat tersebut akan mudah terjadinya proses pembentukan awan dan kondensasi.

Jadi dalam pembahasan di atas dapat kita simpulkan bawa proses hujan di 3 jenis hujan berbeda-beda yakni ada hujan orografis, hujan zenith dan hujan frontal.

 

Detail Soal

Kelas: 10 SMA

Mapel: Geografi

Bab: Bab 6 – Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Kata kunci: tumbuhan, hewan, makhluk hidup, ekosistem, adaptasi tumbuhan

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih