Jelaskan Sifat Sifat Kedaulatan

Jelaskan Sifat Sifat Kedaulatan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Sifat Sifat Kedaulatan

 

Jelaskan Sifat Sifat Kedaulatan

Jelaskan Sifat Sifat Kedaulatan

Jawab :

Kedaulatan menurut Jean Bodin adalah kekuasaan tertinggi untuk membuat hukum di dalam suatu Negara yang memiliki sifat-sifat, di antaranya :

a. Permanen, Artinya kedaulatan itu tetap ada selama negara itu sendiri.

b. Asli, Artinya kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi.

c. Bulat, Artinya kedaulatan tidak dapat dibagi-bagi dan merupakan satu-satunya kekuasaan tertinggi dalam suatu negara.

d. Tidak Terbatas, Artinya kedaulatan itu tidak ada yang membatasi, sebab jika ada yang membatasi maka akan melenyapkan sifat kedaulatan.

Pembahasan detail tentang kedaulatan

Kedaulatan adalah kapasitas atau kekuatan suatu negara atau entitas politik untuk mengatur diri sendiri dan mengontrol wilayahnya secara independen. Ada beberapa sifat yang biasanya di anggap sebagai sifat kedaulatan, yaitu:

  1. Merdeka: suatu negara merdeka jika tidak ada kekuasaan yang bersifat absolut atau dominan dari negara lain atas negara tersebut.
  2. Teritorial: kedaulatan merupakan kekuatan yang bersifat teritorial, yaitu hanya berlaku di wilayah tertentu yang di akui oleh negara-negara lain.
  3. Ekonomi: suatu negara di katakan merdeka secara ekonomi jika tidak tergantung pada sumber-sumber ekonomi dari negara lain.
  4. Politik: suatu negara merdeka secara politik jika tidak ada kekuasaan asing yang mempengaruhi kebijakan politik di negara tersebut.
  5. Militer: suatu negara merdeka secara militer jika memiliki kekuatan militer yang cukup untuk mempertahankan kemerdekaan dan integritas wilayahnya.

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *