Jelaskan Struktur Teks Prosedur

Jelaskan Struktur Teks Prosedur

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Struktur Teks Prosedur

Jelaskan Struktur Teks Prosedur

Jelaskan Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang berisikan cara atau petunjuk untuk melakukan sesuatu yang secara bertahap dari langkah pertama hingga langkah terakhir. Teks prosedur ini di tulis dengan struktur yang khas dan berbeda dengan jenis teks lainnya, yaitu:

  • Judul, yakni kepala teks.
  • Tujuan, yakni bagian berisikan pengantar yang menjelaskan suatu langkah yang akan di lakukan atau di buat.
  • Rincian alat dan bahan, yakni bagian berisikan daftar alat dan bahan yang akan di butuh dalam membuat atau melakukan sesuatu.
  • Langkah-langkah, yakni bagian yang berisikan tahapan yang perlu di lakukan dalam melakukan atau membuat sesuatu.
  • Penutup, yakni bagian yang berisikan keuntungan, penegasan atau ucapan selatan atas telah di lakukannya sesuatu.

Mari Kita Bahas Bersama Jawaban Soal : Teks Prosedur

Procedure text memiliki arti sebagai teks yang berisi cara atau petunjuk untuk melakukan sesuatu secara bertahap dari langkah pertama hingga terakhir. Teks ini di tulis dengan tujuan untuk memberikan petunjuk atau petunjuk kepada pembaca. Teks ini tidak terbatas pada apapun karena semuanya membutuhkan arahan, terutama pada tindakan yang akan di lakukan.

Secara khusus (khusus), teks prosedur memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Anda menginstruksikan seseorang untuk melakukan sesuatu.
  • Perintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu.
  • Beri seseorang petunjuk untuk menggunakan sesuatu dengan benar.

Teks how-to ini umumnya di maksudkan untuk di gunakan sebagai panduan untuk sesuatu. Namun, teks prosedural juga memiliki berbagai jenis yang masing-masing melayani tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis teks prosedur.

Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana adalah jenis teks prosedur yang hanya terdiri dari dua atau tiga langkah. Contoh teks prosedur jenis ini adalah teks tentang cara mengoperasikan penanak nasi.

Teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks adalah jenis teks prosedur yang terdiri dari banyak cara yang perlu di lakukan dengan banyak tingkatan untuk setiap langkahnya. Contoh teks prosedur jenis ini adalah prosedur vaksinasi Covid19.

Teks prosedur protokol

Protocol procedure text merupakan salah satu jenis procedure text dengan berbagai langkah yang tidak terlalu rumit, sehingga mudah untuk di pahami. Contoh cara memasak nasi.

Detail Jawaban

Kelas: 4

Mapel: B. Indonesia

Bab: Bab 4 – Cara Menulis Petunjuk dan Cara Melakukan Sesuatu Sesuai Petunjuk

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih