Jelaskan Pengertian Bela Negara

Jelaskan Pengertian Bela Negara

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Bela Negara

Jelaskan Pengertian Bela Negara

Bacaan Lainnya

Jelaskan Pengertian Bela Negara

Jawaban dari soal Bela negara adalah suatu sikap atau perilaku warga negara yang dilandasi rasa kecintaannya terhadap negara kesatuan republik indonesia yang didasarkan pancasila dan UUD 1945 yang memiliki tujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara

Pembahasan : Definisi Bela Negara

Kesatuan adalah suatu perkumpulan, ikatan atau gabungan dari beberapa bagian yang telah bergabung, sedangkan kesatuan adalah suatu hal yang bersifat kesatuan atau tunggal. Persatuan dan persatuan berasal dari kata satu yang artinya utuh dan tidak terbagi. Persatuan mengandung arti terikatnya sebagian/kelompok masyarakat yang memiliki jiwa nasionalisme (cinta tanah air) menjadi satu kesatuan dan persatuan itu sendiri adalah suatu keadaan dimana seluruh lapisan masyarakat memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme (rela berkorban) untuk membentuk keseluruhan. Beberapa bentuk kesatuan dan keunikan adalah sebagai berikut:

  • Bangun harmoni dan keseimbangan.
  • Saling mencintai, saling membangun dan saling memberi.
  • Bukan menonjolkan perbedaan tapi mencari kesamaan yang ada
  • Meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi/kelompok.
  • Rela berkorban demi kebaikan bangsa dan negara.

Tiga makna penting tentang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  • Rasa kesatuan dan kesatuan membentuk rasa kebersamaan dan saling melengkapi.
  • Membangun rasa kemanusiaan dan toleransi serta rasa harmoni untuk hidup berdampingan.
  • Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan dan sikap gotong royong antar sesama serta sikap nasionalisme.

Faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa:

1. Ada rasa kekeluargaan dan persahabatan

Kolonisasi yang dilakukan oleh Belanda dan Jepang membuat bangsa Indonesia mengalami nasib yang sama, yaitu menerima tindakan diskriminasi dan pelanggaran hak asasi manusia. Peristiwa ini memunculkan semangat merebut kembali Indonesia dari tangan penjajah, agar para pahlawan kita kembali berjuang untuk memerdekakan negara Indonesia. Dengan mengingat perjuangan para pendahulu kita, bangsa Indonesia harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan negara.

2. Keinginan untuk bersatu

Keinginan untuk bersatu ini sudah muncul sejak lama dan kemudian pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke berkumpul dan mempelopori keinginan untuk bersatu ini melalui Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Semangat ini harus kita miliki untuk mendorong persatuan dan kesatuan di Indonesia.

3. Perasaan cinta tanah air

Rasa cinta tanah air merupakan cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

4. Rela berkorban untuk bangsa dan negara

Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme, sudah selayaknya kita merasa rela berkorban demi bangsa dan negara yang kita cintai. Kita bisa melakukan apa saja untuk kepentingan negara dan meninggalkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bangsa dan negara.

5. Proklamasi Kemerdekaan,

Pancasila dan UUD 1945, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Detail Jawaban  : Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Kelas : 5

Mapel : PPKn

Bab : Keutuhan Negara Kesatuan Republic Indonesia

0iInilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *