Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 15 desa

gambar Peta Kecamatan Kemranjen

Kecamatan Kemranjen adalah sebuah kecamatan yang secara administratif berada dibawah pemerintahan Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Di mana secara geografis letaknya bedara diantara 109⁰ 15′ 47″ hingga 109⁰ 21′ 29″ BT dan 7⁰ 32′ 53″ hingga 7⁰ 37′ 59″ LS.

Batas wilayahnya sebagai berikut:

  • sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Banyumas dan Somagede
  • sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Sumpiuh
  • sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Cilacap
  • sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kebasen

Peta Kecamatan Kemranjen

Peta yang kami lampirkan di bawah ini terdiri dari dua macam, yaitu peta lokasi dan peta administrasi. Keduanya akan memberikan penjelasan mengenai letak dan pembagian wilayah.

Peta lokasi

Dengan peta lokasi di bawah ini anda dapat mengetahui secara tepat letak kecamatan Kemranjen dengan tepat jik dilihat dari peta Kab. Banyumas secara penuh.

Peta lokasi Kecamatan Kemranjen

Peta administrasi

Dengan peta administrasi di bawah ini anda dapat mengetahui pembagian wilayah kecamatan Kemranjen menjadi 15 desa dan kelurahan lengkap dengan batas-batas wilayahnya.

gambar Peta Kecamatan Kemranjen

Pembagian wilayah

Kecamatan Kemranjen dibagi menjadi 15 wilayah desa/kelurahan, adapun daftarnya sebagai berikut:

  1. Desa Alasmalang
  2. Desa Grujugan
  3. Desa Karanggintung
  4. Desa Karangjati
  5. Desa Karangsalam
  6. Desa Kebagoran
  7. Desa Kecila
  8. Desa Kedungpring
  9. Desa Nusamangir
  10. Desa Pageralang
  11. Desa Petarangan
  12. Desa Sibalung
  13. Desa Sibrama
  14. Desa Sidamulya
  15. Desa Sirau

Profil

Kecamatan Kemranjen terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Wilayahnya berada di bagian tengah Kabupaten Banyumas.

Wilayahnya dibagi menjadi 15 desa dan kelurahan, di mana setiap desa dipimpin oleh seorang kepala desa atau lurah.

Lokasi Geografis

Kecamatan Kemranjen memiliki letak geografis yang strategis di Kabupaten Banyumas. Wilayahnya terletak di bagian tengah Kabupaten Banyumas, sehingga menjadi titik penting dalam konektivitas antara wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Letaknya yang strategis membuat Kemranjen menjadi pusat transportasi dan perdagangan yang vital bagi Kabupaten Banyumas.

Potensi Ekonomi

Kecamatan Kemranjen memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Salah satu potensi utama yang dimiliki adalah sektor pertanian. Tanah yang subur dan iklim yang cocok mendukung Kemranjen menjadi lumbung padi bagi Kabupaten Banyumas.

Selain itu, sektor industri kecil juga cukup berkembang di Kemranjen. Berbagai industri kecil seperti industri kerajinan tangan dan industri makanan dan minuman menjadi pilar ekonomi masyarakat Kemranjen.

Infrastruktur

Infrastruktur di Kecamatan Kemranjen sudah cukup baik dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain di sekitarnya. Jalan raya yang melintasi Kemranjen telah dibangun dengan baik dan teratur. Selain itu, sarana pendukung seperti sekolah dan rumah sakit juga sudah tersedia dengan baik.

Infrastruktur yang baik ini memudahkan aksesibilitas masyarakat Kemranjen dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Pendidikan

Sobat, penasaran dengan bagaimana kondisi pendidikan di Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini! Dari fasilitas pendidikan hingga tantangan yang dihadapi, semuanya akan kita bahas. Mari kita bersama-sama mencari tahu lebih dalam tentang dunia pendidikan di daerah ini.

Kecamatan ini merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Banyumas yang memiliki berbagai fasilitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah tersebut.

Pendidikan terdiri dari pendidikan formal, sarana dan prasarana pendidikan, serta program pendidikan unggulan. Berikut adalah gambaran mengenai pendidikan di Kecamatan Kemranjen:

Pendidikan Formal

Pendidikan formal di Kecamatan Kemranjen sangat penting untuk memberikan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut. Berbagai jenis sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat ditemui di sini.

Sekolah-sekolah ini menjadi tempat bagi siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan adanya pendidikan formal, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan taraf pendidikan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Sarana dan Prasarana Pendidikan

Sarana dan prasarana pendidikan di Kecamatan Kemranjen terus dikembangkan demi meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat setempat. Hal ini termasuk fasilitas kelas yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, laboratorium komputer, ruang olahraga, dan fasilitas lainnya yang mendukung proses pembelajaran.

Dengan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, diharapkan siswa dapat belajar dengan nyaman dan mencapai hasil belajar yang memuaskan.

Program Pendidikan Unggulan

Beberapa sekolah di Kecamatan Kemranjen memiliki program unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Program keahlian dan ekstrakurikuler menjadi bagian penting dari pendidikan unggulan di sekolah-sekolah tersebut.

Dengan adanya program unggulan, diharapkan siswa dapat mengembangkan diri secara optimal dan siap bersaing di dunia kerja. Program pendidikan unggulan ini juga membantu siswa untuk memiliki keunggulan kompetitif di masa depan.

Potensi Sumber Daya Manusia

Pendidikan Formal

Pendidikan formal di Kecamatan Kemranjen memiliki peran yang sangat vital dalam mengoptimalkan potensi sumber daya manusia. Dengan adanya berbagai jenjang pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, masyarakat memiliki akses yang lebih baik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Sekolah-sekolah di wilayah ini telah berperan dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas.

Pelatihan dan Pengembangan Keahlian

Program pelatihan dan pengembangan keahlian juga sangat penting dalam mendukung potensi sumber daya manusia di Kecamatan Kemranjen. Dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan secara berkala, masyarakat dapat terus mengasah keterampilan mereka sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

Dari mulai pelatihan teknis hingga soft skill, semua itu dapat membantu meningkatkan daya saing tenaga kerja di wilayah ini.

Kemitraan dengan Industri dan Dunia Usaha

Kemitraan antara lembaga pendidikan dengan industri dan dunia usaha sangat mendukung dalam meningkatkan potensi sumber daya manusia di Kecamatan Kemranjen.

Melalui kerjasama yang baik antara sekolah atau perguruan tinggi dengan perusahaan, siswa atau mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung di dunia kerja. Hal ini akan mempersiapkan mereka dengan lebih baik ketika nantinya terjun ke lapangan kerja.

Adanya program magang atau kerja sama proyek antara lembaga pendidikan dan industri menjadi sangat penting dalam menghubungkan teori dan praktik secara nyata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *