Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

peta Kecamatan Karanglewas

Karanglewas adalah sebuah kecamatan yang secara administratif berada dibawah pemerintahan Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis kecamatan ini berada diantara 109⁰ 9′ 33″ hingga 109⁰ 12′ 44″ BT dan 7⁰ 19′ 26″ hingga 7⁰ 27′ 18″ LS.

Batas wilayahnya sebagai berikut:

  • sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Kedungbanteng dan Purwokerto Barat
  • sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Patikraja
  • sebelah barat dan utara berbatasan dengan Kecamatan Cilongok

Peta Kecamatan Karanglewas

Di bawah ini adalah gambar peta kecamatan Karanglewas yang dibuat menjadi dua bagian, yaitu peta lokasi dan peta administratif lengkap dengan pembagian wilayah

Peta lokasi

Dengan peta lokasi di bawah ini, anda dapat dengan tepat mengetahui letak atau lokasi kecamatan Karangwelas jika dilihat dari peta Kab. Banyumas secara keseluruhan.

peta lokasi Kecamatan Karanglewas

Peta administratif

Dengan peta di bawah ini anda dapat mengetahui informasi lengkap mengenai batas dan pembagian wilayah kecamatan Karangwelas beserta batas masing-masing desa.

peta Kecamatan Karanglewas

Pembagian wilayah

Kecamatan Karanglewas dibagi menjadi 12 wilayah desa/kelurahan, adapun daftarnya sebagai berikut:

  1. Desa Babakan
  2. Desa Jipang
  3. Desa Karanggude Kulon
  4. Desa Karangkemiri
  5. Desa Karanglewas Kidul
  6. Desa Kediri
  7. Desa Pasir Kulon
  8. Desa Pasir Lor
  9. Desa Pasir Wetan
  10. Desa Singasari
  11. Desa Sunyalangu
  12. Desa Tamansari

Profil

Kecamatan Karanglewas terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Berada di bagian selatan Kabupaten Banyumas, Kecamatan Karanglewas memiliki luas wilayah sekitar 85,73 km².

Secara administrasi, Kecamatan Karanglewas berbatasan langsung dengan Kecamatan Kedungbanteng dan Purwokerto Barat di bagian timur, Kecamatan Patikraja di bagian selatan dan Kecamatan Cilongok di bagian barat.

Potensi Wisata Alam

Karanglewas dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Terdapat beberapa destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di kecamatan ini. Salah satunya adalah air terjun yang tersembunyi di tengah pepohonan hijau. Air terjun ini tidak hanya mempesona, tetapi juga menyuguhkan udara segar dan suasana yang tenang.

Selain itu, terdapat hutan pinus yang memberikan pemandangan yang memesona dan sejuk untuk dinikmati. Para pengunjung dapat berjalan-jalan di bawah rindangnya pepohonan pinus sambil menikmati udara segar.

Tak ketinggalan, terdapat juga perkebunan kebun teh yang memanjakan mata dengan hijaunya hamparan teh yang membentang luas. Pengunjung dapat menjelajahi kebun teh sambil menikmati proses pengolahan teh yang menarik.

Kondisi Sosial Ekonomi

Masyarakat Karanglewas mayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh tani. Mereka menggantungkan hidup dari hasil pertanian seperti padi, jagung, dan sayuran. Selain itu, sebagian masyarakat juga melakukan peternakan untuk menunjang ekonomi keluarga. Di samping itu, terdapat juga sektor industri kecil yang memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Potensi ekonomi utama di daerah ini adalah pertanian, perkebunan, dan peternakan. Pertanian menjadi sektor utama yang menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Karanglewas. Mereka menghasilkan berbagai jenis produk pertanian dengan cara yang masih konvensional.

Selain itu, perkebunan juga menjadi sektor yang menjanjikan, terutama dengan adanya kebun teh dan perkebunan lainnya di wilayah ini. Peternakan juga turut memberikan kontribusi dalam mendukung perekonomian masyarakat, baik dari segi penghasilan maupun pemenuhan kebutuhan protein hewani.

Infrastruktur

Kecamatan Karanglewas memiliki sejumlah infrastruktur yang mendukung kehidupan masyarakat setempat. Berikut adalah beberapa sarana infrastruktur yang tersedia di kecamatan ini:

Sarana Transportasi

Kecamatan Karanglewas dilalui oleh jalan raya utama yang menghubungkan antara desa-desa. Jalan tersebut memudahkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat di sekitar kecamatan. Selain itu, terdapat juga transportasi umum seperti angkutan pedesaan yang menghubungkan desa-desa di sekitarnya.

Para warga juga bisa memanfaatkan layanan ojek online sebagai sarana transportasi alternatif untuk pergi ke tempat tujuan.

Fasilitas Kesehatan

Untuk mendukung kesehatan masyarakat, Kecamatan Karanglewas memiliki beberapa puskesmas dan poliklinik swasta. Puskesmas tersebut menyediakan layanan kesehatan dasar untuk masyarakat setempat.

Meskipun demikian, akses ke rumah sakit yang lebih besar dan berbagai layanan kesehatan khusus masih dapat diakses di kota-kota terdekat. Hal ini memastikan bahwa masyarakat Karanglewas dapat mendapatkan perawatan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas.

Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan masyarakat. Di Kecamatan Karanglewas, terdapat beberapa sekolah dasar, menengah, dan madrasah yang memberikan akses pendidikan bagi anak-anak di wilayah tersebut.

Dengan adanya beragam pilihan sekolah, para siswa dapat memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka. Selain itu, keberadaan lembaga pendidikan ini juga memperkuat fondasi pendidikan masyarakat Karanglewas untuk masa depan yang lebih baik.

Potensi Usaha

Di Kecamatan Karanglewas, terdapat beberapa potensi usaha yang dapat dikembangkan oleh masyarakat setempat. Berikut adalah beberapa potensi usaha yang dapat menjadi peluang di Kecamatan Karanglewas:

Pertanian

Lahan subur di Karanglewas mendukung pertanian berbagai jenis tanaman seperti padi, teh, jagung, dan sayuran. Para petani di Karanglewas dapat memanfaatkan lahan subur ini untuk meningkatkan produksi pertanian dan memperluas pasar penjualan hasil pertanian mereka.

Dengan teknik pertanian modern dan pemilihan varietas tanaman yang tepat, potensi pertanian di Karanglewas dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi masyarakat setempat.

Peternakan

Potensi peternakan di Karanglewas juga cukup besar, terdapat peternakan sapi, kambing, dan ayam yang menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat. Peternakan sapi atau kambing dapat menjadi pilihan usaha yang menjanjikan bagi masyarakat Karanglewas yang memiliki lahan yang cukup luas.

Selain itu, peternakan ayam juga menjadi pilihan yang menarik karena permintaan daging ayam yang terus meningkat. Dengan manajemen yang baik, peternakan di Karanglewas dapat menjadi sumber penghasilan yang stabil bagi masyarakatnya.

Pariwisata

Dengan keindahan alamnya, potensi pariwisata di Karanglewas terbuka lebar. Pengembangan destinasi wisata seperti wisata alam, budaya, dan kuliner dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat setempat.

Wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam Karanglewas dapat menjadi pelanggan potensial bagi usaha-usaha di sektor pariwisata.

Selain itu, pengembangan homestay atau penginapan juga dapat menjadi solusi bagi kebutuhan akomodasi wisatawan yang datang ke Karanglewas.

Dengan pelayanan yang ramah dan fasilitas yang memadai, potensi pariwisata di Karanglewas dapat menjadi salah satu sektor unggulan dalam menggerakkan perekonomian daerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *