Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah lengkap pembagian wilayah

- Author

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kecamatan Ajibarang adalah sebuah kecamatan yang secara administratif berada dibawah pemerintahan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Secara geografis terletak diantara 109⁰ 0′ 35″ hingga 109⁰ 7′ 44″ Bujur Timur dan 7⁰ 23′ 9″ hingga 7⁰ 27′ 20″ Lintang Selatan.

Batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

  • sebelah berbatasan dengan Kecamatan Pekuncen
  • sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Cilongok
  • sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Purwojati, Wangon dan Lumbir
  • sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Gumelar

Peta

Agar lebih jelas di mana letak dan pembagian wilayahnya, perhatikan Peta Kecamatan Ajibarang di bawah ini:

Peta lokasi

Peta letak atau lokasi kecamatan Ajibarang dapat anda lihat pada peta lokasi di bawah ini yang ditandai dengan warna merah.

peta lokasi Kecamatan Ajibarang kabupaten banyumas

Peta administratif

Dengan peta di bawah ini anda bisa mengetahui pembagian dan batas wilayah masing-masing desa di kecamatan Ajibarang.

Peta Kecamatan Ajibarang, kabupaten Banyumas

Kecamatan Ajibarang dibagi menjadi 15 wilayah desa/kelurahan, adapun nama-nama desanya sebagai berikut:

  1. Desa Ajibarang Kulon
  2. Desa Ajibarang Wetan
  3. Desa Banjarsari
  4. Desa Ciberung
  5. Desa Darmakradenan
  6. Desa Jingkang
  7. Desa Kalibenda
  8. Desa Karangbawang
  9. Desa Kracak
  10. Desa Lesmana
  11. Desa Pancasan
  12. Desa Pancurendang
  13. Desa Pandansari
  14. Desa Sawangan
  15. Desa Tipar Kidul

Berbicara tentang prestasi pendidikan di Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, akan ada banyak cerita menarik yang bisa kita temui. Mulai dari capaian akademik yang gemilang hingga inovasi-inovasi yang menginspirasi, kecamatan ini memang tidak pernah kehabisan prestasi untuk dibanggakan. Bagaimana potret pendidikan di Ajibarang? Simak informasinya di artikel ini!

Baca juga  Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 15 desa

Profil

Kecamatan Ajibarang merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan ini memiliki beragam potensi yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat dan juga pengunjung yang datang. Mari kita bahas lebih detail tentang profil Kecamatan Ajibarang.

Letak Geografis

Kecamatan Ajibarang terletak di bagian barat Kabupaten Banyumas. Secara geografis, kecamatan ini memiliki koordinat 7°22’55” LS dan 109°10’48” BT.

Secara administrasi, Kecamatan Ajibarang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pekuncen di bagian utara, Kecamatan Cilongok di bagian timur, Kecamatan Purwojati, Wangon dan Lumbir di bagian selatan dan Kecamatan Gumelar di bagian barat.

Pembagian Administratif

Kecamatan Ajibarang terdiri dari 15 desa, datanya bisa anda baca yang telah kami lampirkan di atas.

Setiap desa memiliki ciri khas dan potensi yang berbeda-beda, namun bersatu dalam membangun Kecamatan Ajibarang menjadi wilayah yang maju dan berkembang.

Potensi Pendidikan

Potensi pendidikan di Kecamatan Ajibarang sangat berkembang pesat. Terdapat berbagai macam sekolah-sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah yang tersebar di setiap desa. Sekolah-sekolah terkemuka seperti SMAN 1 Ajibarang, SMKN 1 Ajibarang, dan SMPN 1 Ajibarang telah memberikan kontribusi yang besar dalam mencetak generasi muda yang cerdas dan berprestasi.

Selain itu, terdapat juga lembaga pendidikan non-formal yang turut berperan dalam meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat.

Sarana dan Prasarana Pendidikan

Kecamatan Ajibarang memiliki berbagai sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung proses belajar mengajar. Mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, berikut adalah gambaran mengenai kondisi pendidikan di Kecamatan Ajibarang:

Sekolah Dasar

Di Kecamatan Ajibarang terdapat sejumlah sekolah dasar yang tersebar di berbagai desa. Jumlah sekolah dasar di wilayah ini mencakup semua anak usia sekolah yang tinggal di kecamatan tersebut. Sarana dan prasarana sekolah dasar di Ajibarang juga tergolong cukup baik, dengan adanya ruang kelas yang memadai, fasilitas sekolah yang memadai seperti ruang guru, perpustakaan, dan ruang olahraga.

Baca juga  Apa Daya Tarik Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara?

Sekolah Menengah

Dalam hal pendidikan menengah, Kecamatan Ajibarang juga memiliki sekolah menengah yang dapat melayani siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka setelah menyelesaikan pendidikan dasar. Fasilitas sekolah menengah di Ajibarang juga cukup memadai dengan adanya ruang kelas, laboratorium, serta fasilitas olahraga.

Guru-guru di sekolah menengah di Ajibarang juga tergolong berkualitas, dengan kemampuan mengajar yang baik dan berbagai pelatihan yang mereka terima.

Perguruan Tinggi

Meskipun Kecamatan Ajibarang tidak memiliki perguruan tinggi yang besar, namun terdapat beberapa perguruan tinggi swasta yang dapat menjadi pilihan bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Perguruan tinggi ini memberikan kontribusi yang besar terhadap pendidikan di wilayah Ajibarang, dengan menyediakan program-program studi yang beragam dan berkualitas.

Selain itu, perguruan tinggi di Ajibarang juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Inovasi Pendidikan

Program Pendidikan Unggulan

Salah satu program pendidikan unggulan yang dapat ditemui di Kecamatan Ajibarang adalah program pelatihan keterampilan bagi siswa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang praktis yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Dengan adanya program ini, diharapkan siswa dapat lebih siap terjun ke dunia kerja setelah lulus. Dampak positif dari program ini adalah adanya peningkatan keterampilan serta daya saing siswa di tingkat lokal maupun nasional.

Kolaborasi Pendidikan

Di Kecamatan Ajibarang, terdapat kerjasama yang erat antara sekolah-sekolah dengan pemerintah daerah. Kerjasama ini meliputi berbagai hal seperti pengadaan sarana prasarana, pelatihan guru, hingga penyediaan bantuan pendidikan bagi siswa kurang mampu.

Implementasi kolaborasi ini sangat berdampak positif terhadap kualitas pendidikan di kecamatan tersebut. Dengan adanya bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah, sekolah-sekolah dapat lebih mudah meningkatkan mutu pendidikan mereka.

Baca juga  Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan

Di era digital ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Di Kecamatan Ajibarang, guru-guru dan siswa sangat aktif menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.

Dalam hal ini, teknologi digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Guru dapat menggunakan presentasi multimedia, video pembelajaran, dan platform pembelajaran online untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Dampak positifnya sangat terasa, para siswa menjadi lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar. Selain itu, pemanfaatan teknologi juga memudahkan akses informasi dan pembelajaran di era digital ini. Semua pihak terlibat dalam pendidikan di kecamatan Ajibarang menyadari bahwa teknologi adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik, diharapkan pendidikan di kecamatan Ajibarang dapat terus berkembang dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era global.

Berita Terkait

Tentang Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Wonosobo di Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 09:00 WIB

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:47 WIB

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:25 WIB

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 April 2024 - 17:10 WIB

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 10:13 WIB

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 09:51 WIB

Peta Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:56 WIB

Peta Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:40 WIB

Peta Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah

Berita Terbaru

Gambar Peta

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 09:00 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:47 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:25 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 Apr 2024 - 17:10 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 Apr 2024 - 10:13 WIB