Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi

Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi

Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi

Jawaban dari soal mengatasi konflik dengan cara toleransi adalah sebagai contoh terdapat konflik perbedaan dalam antar umat keberagamaan, maka salah satu cara dalam mengatasi konflik tersebut adalah dengan saling toleransi antar setiap umat beragama. Karena toleransi sendiri merupakan suatu sikap saling menghormati dan saling menghargai antar kelompok yang bertikai atau berkonflik.

Pembahasan : Konflik Sosial dan Masyarakat

Konflik dalam kehidupan masyarakat dapat muncul terutama dengan masyarakat yang memiliki keragaman suku, agama, ras dan golongan atau kelompok sosial yang dapat di katakan sebagai hal yang wajar. Konflik sendiri sangat erat kaitannya dengan di namika masyarakat, konflik bukan tidak dapat di selesaikan tetapi memerlukan pendekatan khusus untuk menyelesaikan suatu konflik yang terjadi.

Adapun salah satu upaya manusia dalam berusaha meredakan perselisihan atau konflik untuk mencapai stabilitas adalah penyelesaian konflik. Di mana pihak-pihak yang berkonflik kemudian saling menyesuaikan diri dalam situasi ini dengan bekerja sama. Ada beberapa bentuk penyelesaian konflik sebagai bentuk penyelesaian dalam suatu konflik, antara lain sebagai berikut:

  • gencatan senjata
  • paksaan
  • mediasi
  • perdamaian
  • menghadiahkan
  • kompromi
  • toleransi

Detail Jawaban

Kelas: 11

Materi: Sosiologi

Bab: Konflik Sosial dan Masyarakat

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih