Tujuan Khusus Pembangunan Tembok Berlin Adalah

Tujuan Khusus Pembangunan Tembok Berlin Adalah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tujuan Khusus Pembangunan Tembok Berlin Adalah

Tujuan Khusus Pembangunan Tembok Berlin Adalah

Tujuan Khusus Pembangunan Tembok Berlin Adalah

Jawaban dari soal Tujuan di bangunnya tembok Berlin adalah untuk memisahkan Berlin Barat yang di kuasai Jerman Barat, dengan Berlin Timur dan wilayah Jerman Timur lainya, untuk mencegah agar penduduk Jerman Timur tidak bisa mengungsi dan melarikan diri ke Jerman Barat.

Pembahasan : Tembok Berlin

Setelah kekalahan Jerman di akhir Perang Dunia II, wilayah Jerman terpecah-pecah oleh pasukan Sekutu.

Prancis, Inggris Raya, dan Amerika Serikat menduduki 3/4 Jerman Barat dan kota barat Berlin. Sementara itu, Uni Soviet menduduki 1/4 Jerman Timur dan kota timur Berlin.

Dengan pecahnya Perang Dingin antara dua blok Sekutu yang pernah bersatu, kedua blok Sekutu tersebut mendirikan negara tandingan di wilayah Jerman yang mereka duduki. Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat mendirikan Republik Federal Jerman (Jerman Barat) dengan ideologi kapitalis, dan Uni Soviet mendirikan Republik Rakyat Jerman (Jerman Timur) dengan ideologi komunis.

Awalnya rakyat Jerman bebas berpindah dari satu wilayah pendudukan ke wilayah lain, terutama di kota Berlin. Namun seiring berjalannya waktu, Jerman Barat menjadi jauh lebih makmur dan kualitas hidup lebih baik dari Jerman Barat. Akibatnya, terjadi eksodus besar-besaran warga Jerman dari Jerman Timur ke Jerman Barat untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Untuk menghindari hilangnya pekerja industri dan menghentikan kegiatan yang di anggap memalukan rezim Komunis, pemerintah Jerman Timur membangun tembok antara Berlin Barat dan Timur pada 13 Agustus 1961.

Pemerintah Jerman Timur juga menerapkan kebijakan tegas seperti tembak di tempat bagi warganya yang ingin pindah ke Berlin Barat.

Tembok ini di anggap sebagai simbol penindasan rezim Komunis terhadap rakyat Jerman dan akhirnya di runtuhkan pada 8 November 1989, sesaat sebelum jatuhnya Jerman Timur dan Uni Soviet serta reunifikasi Jerman.

Detail Jawaban

Kelas: XII

Mata Pelajaran: Sejarah

Materi: Perang Dingin

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih