Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam

Budaya Indonesia sangat beragam karena “Indonesia terbagi dari berbagai suku dan agama, dan lokasi Indonesia yang strategis membuat banyak budaya asing masuk dan mempengaruhi budaya Indonesia.”

 Pembahasan detail tentang Kebudayaan Indonesia Sangat Beranekaragam

Indonesia adalah negara yang majemuk atau beragam suku, bangsa dan agama.

Keanekaragaman suku, bangsa dan agama ini mempengaruhi banyaknya variasi budaya.

Setiap suku di Indonesia memiliki adat budayanya masing-masing. Contohnya suku Minang memiliki rumah adat Gadang, suku Toraja memiliki rumah adat Tongkonan dan suku Jawa memiliki rumah adat Joglo.

Keanekaragaman budaya yang di sebabkan oleh banyaknya suku bangsa juga dapat di lihat dari pakaian adat, bahasa, makanan tradisional dan bentuk kesenian yang berbeda pada setiap suku.

Selain etnis, perbedaan agama juga mempengaruhi perbedaan budaya. Misalnya perbedaan ritual dan pakaian yang di kenakan oleh orang Jawa yang beragama Kristen dan Hindu dengan orang Jawa yang beragama Islam. Walaupun etnisnya sama, perbedaan agama membuat perbedaan budaya yang berbeda.

Selain keragaman suku dan agama, keragaman budaya juga bisa di sebabkan oleh masuknya budaya asing. Misalnya, budaya Cina dan India di bawa oleh para pedagang dari kedua negara ini sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha, karena letak Indonesia yang strategis di jalur perdagangan dunia.

Detail Soal

Kelas: VII
Mata pelajaran: IPS
Materi: Keanekaragaman Budaya
Kata kunci: keanekaragaman budaya

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *