Tiga Fungsi Pokok Pancasila Adalah

Tiga Fungsi Pokok Pancasila Adalah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tiga Fungsi Pokok Pancasila Adalah

 

Bacaan Lainnya
Tiga Fungsi Pokok Pancasila Adalah

 

Tiga Fungsi Pokok Pancasila Adalah

a. Pandangan hidup, tujuan hidup, nilai hidup

b. Pandangan hidup, ideologi, dasar negara

c. Lambang negara, jiwa bangsa, ideologi

d. Dasar negara, lambang negara, pertahanan negara

e. Pemersatu, penguat, pengokoh

 

Jawab :

Jawabannya adalah B. PANDANGAN HIDUP, IDEOLOGI, DASAR NEGARA.

Pembahasan detail tentang Fungsi Pokok Pancasila

Pancasila adalah dasar filosofi dan ideologi bangsa Indonesia yang terdiri dari enam sila. Fungsi pokok Pancasila adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Ideologi: Pancasila menjadi dasar filosofi dan ideologi bangsa Indonesia yang memandu tindakan dan perilaku warga negara.
  2. Integrasi: Pancasila membantu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya.
  3. Normatif: Pancasila menjadi acuan dalam membuat kebijakan dan menentukan hal-hal yang baik dan buruk bagi bangsa Indonesia.
  4. Fungsi Mobilisasi: Pancasila memotivasi dan memotivasi warga negara untuk bekerja sama dan bekerja untuk kemajuan bersama.
  5. Fungsi Edukatif: Pancasila membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga negara tentang nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Dengan demikian, Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan memperkuat identitas dan jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, demokratis, dan beradab.

Detail Soal

Kelas           : XII (3 SMA)
Pelajaran     : PPKN
Kategori      : Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Kata Kunci  : Dasar, Pedoman, Ideologi, Tugas PPKN

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *