Sebutkan Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Sebutkan Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Sebutkan Ciri Ciri Teks Eksplanasi

 

 

Sebutkan Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Sebutkan Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Jawab :

 

Ciri-ciri dari Teks Eksplanasi yaitu :

Informasi di muat secara faktual (fakta), bersifat informatif, membahas fenomena yang bersifat keilmuan, dan di kembangkan dengan pola kronologis (proses) serta kausalitas (sebab-akibat).

Pembahasan detail tentang Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang hubungan antara peristiwa atau proses terjadinya fenomena alam, sosial, atau budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari Teks Eksplanasi adalah untuk memberikan informasi atau pemahaman sejelas mungkin kepada pembaca agar mereka dapat mengetahui dan memahami fenomena yang sedang terjadi, serta menambah wawasan bagi pembaca itu sendiri.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Berikut penjelasan tentang ciri-ciri teks eksposisi:

  1. Informasi sarat secara teratur nyata (fakta), dalam memberikan informasi kepada pembaca harus memberikan fakta agar pembaca dapat mempercayai adanya fenomena tersebut, dengan demikian informasi tersebut tidak akan di katakan sebagai kebohongan/penipuan belaka.
  2. ciri berwawasan luas, teks ekspositori dapat di katakan informatif jika teks tersebut memberikan informasi yang dapat bermanfaat bagi pembaca.
  3. Membahas fenomena yang bersifat keilmuan, teks ekspositori membahas suatu fenomena yang berkaitan dengan sains atau ilmu pengetahuan. Teks juga dapat menambah wawasan bagi pembaca.
  4. Mengembangkan dari oleh kronologi di dalam hubungan sebab dan akibat, pola kronologis adalah peristiwa yang saling berhubungan dengan urutan waktu. Sedangkan pola kausalitas adalah menjelaskan sebab akibat dari suatu peristiwa.

Jenis Teks Eksplanasi

Dari pembahasaan, teks eksplanasi di bagi menjadi 3, yaitu:

  1. Diskusikan fenomena alam

Teks ini berisi penjelasan tentang terjadinya fenomena di alam, seperti: terjadinya letusan gunung berapi di Sumatera, banjir di Jakarta, kebakaran hutan terbuka, dll.

  1. Diskusikan fenomena sosial

Pada bagian ini teks eksplanasi menjelaskan kondisi sosial suatu tempat, seperti: pengangguran, korupsi, bullying dan hal-hal yang termasuk dalam kategori sosial.

  1. Mendiskusikan fenomena budaya

Teks ini berisi tentang penjelasan tentang budaya atau adat yang ada di suatu daerah tertentu, seperti: penjelasan tentang perkembangan menyanyi dan menenun, tarian daerah, adat istiadat, dll.

 

 

Detail Soal

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Materi : Bab-5 Teks Eksplanasi

Kata kunci : Ciri-ciri teks ekspalanasi

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih