Rumah Adat di Papua di Kenal Dengan Nama

Rumah Adat di Papua di Kenal Dengan Nama

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Rumah Adat di Papua di Kenal Dengan Nama

Rumah adat di papua di kenal dengan nama rumah Honai

Pembahasan detail tentang Rumah Adat di Papua

Sejarah Rumah Honai

Rumah Honai berasal dari kata “Hun” yang berarti laki-laki dewasa dan “Ai” yang berarti rumah, jika di gabungkan menjadi “rumah laki-laki dewasa”. Namun bukan berarti rumah ini tidak boleh di diami oleh perempuan, rumah honai untuk perempuan disebut juga honai tetapi yang lainnya adalah “Ebeai” yang sama dengan kata Honai yang berasal dari dua kata yaitu, “Ebe” yang berarti badan. dan “Ai” yang berarti rumah. Namun ada satu suku di Papua Barat yaitu suku Arfak yang di dirikan oleh Mod Aki Aksa yang berarti rumah kaki seribu.

Rumah honai ini terdiri dari satu lantai kayu dengan atap terbuat dari daun sagu atau jerami yang memiliki ciri khas yaitu berdesain mengerucut dan dengan pintu serta lantai yang kecil di topang oleh tiang-tiang. Biasanya rumah honai di bangun dengan ukuran kecil dan sempit yang bertujuan untuk menahan hawa dingin. Rumah ini memiliki tinggi 2,5 meter dan di bagian tengah rumah terdapat tempat untuk membuat api unggun.

Rumah honai terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1.Honai (untuk kaum pria)

2.Ebei (untuk kaum wanita)

3.Wamai (untuk kandang babi)

Ada yang menarik dari honai dan ebei, yaitu sebagai tempat pendidikan khusus. Honai untuk laki-laki dewasa khusus untuk laki-laki dewasa dan yang sudah beranjak dewasa, untuk ebei dan honai untuk perempuan, honai berfungsi untuk melakukan proses pendidikan bagi perempuan yang sudah beranjak dewasa.

Fitur Rumah Honai

  1. tempat penyimpanan peralatan perang
  1. tempat menyimpan barang-barang yang merupakan simbol nilai dari segi suku dan adat istiadat.
  2. Sebagai tempat berteduh dari hawa dingin.
  3. Sebagai tempat pendidikan honai dan ebei

Filosofi Honai

  1. Pemersatu kelompok
  2. .Lambang kesatuan
  3. Status harga diri

Kesimpulan : Rumah adat di Papua di kenal dengan nama rumah Honai, Rumah Honai berasal dari kata “Hun” yang berarti laki-laki dewasa dan “Ai: yang berarti rumah, jika di gabungkan menjadi “rumah laki-laki dewasa”. bahwa rumah ini tidak boleh di tempati oleh wanita, maka rumah honai untuk wanita disebut juga dengan honai, namun nama lainnya adalah “Ebeai” yang sama dengan kata Honai yang berasal dari dua kata asal yaitu, “Ebe” yang artinya badan dan “Ai” yang artinya Rumah. Rumah Honai terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: Honai (untuk laki-laki), Ebei (untuk perempuan), Wamai (untuk kandang babi)

Detail Soal

Kelas:10 SMA

Mapel:IPS

Kata kunci : Rumah adat papua, Honai.

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *