Apa Yang di Maksud Dengan Suhu

Apa Yang di Maksud Dengan Suhu

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Yang di Maksud Dengan Suhu

 

Apa Yang di Maksud Dengan Suhu

Apa Yang di Maksud Dengan Suhu

Jawab :

Suhu yaitu derajat atau derajat dingin atau panasnya suatu benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.

Pembahasan detail tentang Temperatur

Suhu adalah besaran pokok. Untuk mengukur suhu, kita membutuhkan alat yaitu termometer. Umumnya suhu diukur dengan termometer dengan termometer cair yang mengandung air raksa atau alkohol, namun lebih baik menggunakan air raksa cair karena air raksa membasahi dinding termometer, sebagai penghantar panas yang baik dan sebagainya.

Dalam membuat termometer, terlebih dahulu kita menentukan titik tetap atas dan titik tetap bawah. Untuk titik tetap, termometer itu sendiri diukur pada tekanan 1 atm. Antara titik tetap atas dan bawah adalah skala suhu.

Dalam penentuan titik tetap atas menggunakan acuan berdasarkan suhu saat air mendidih (titik didih), sedangkan penentuan titik tetap bawah menggunakan acuan berdasarkan suhu saat es mencair.

Penentuan titik tetap pada berbagai termometer adalah sebagai berikut:

  1. Termometer Celcius

Untuk termometer Celcius, titik tetap bawah adalah 0°C, sedangkan titik tetap atas adalah 100°C. Karena skala antara dua titik tetap adalah 100.

  1. Termometer reamur

Untuk termometer, titik tetap bawah adalah 0, sedangkan titik tetap atas adalah 80. Untuk skala antara dua titik tetap adalah 80.

  1. Termometer Fahrenheit

Untuk termometer fahrenheit, titik tetap bawah adalah 32, sedangkan titik tetap atas adalah 212. Untuk skala antara dua titik tetap adalah 180.

  1. Termometer Kelvin

Untuk termometer kelvin, titik tetap bawahnya adalah 0. Kelvin mendefinisikan suhu es yang mencair dengan angka 273 dan suhu air mendidih dengan angka 373. Untuk skala antara dua titik tetap tersebut adalah 100.

Detail Soal

Kelas: 7

Mapel: Fisika

Bab: suhu, pemuaian dan kalor

Kata kunci: termometer, titik tetap atas, titik tetap bawah

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *