Bahan Lunak di Bedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya Yaitu

Bahan Lunak di Bedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya Yaitu

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Bahan Lunak di Bedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya Yaitu 

 

 

Bahan Lunak di Bedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya Yaitu

Bahan Lunak di Bedakan Menjadi Dua Berdasarkan Sumbernya Yaitu 

a. bahan lunak peternakan dan perkebunan
b. bahan lunak peternakan dan buatan
c. bahan lunak alam dan buatan
d. bahan tambang dan laut

Jawab :

 

Jawabannya yang tepat adalah c. bahan lunak alam dan buatan

Pembahasan detail tentang Bahan Lunak

Dalam pembuatan kerajinan ada beberapa jenis bahan yang bisa di gunakan, salah satunya adalah bahan lunak. Bahan lembut adalah bahan yang lembut, lentur, empuk, lembut dan lentur. Pengrajin yang menggunakan bahan ini harus memiliki keahlian khusus, karena pengolahannya cukup rumit.

Bahan lunak sendiri dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan, yaitu:

  1. Bahan lunak alami

Yang di maksud dengan bahan lunak alami adalah bahan kerajinan yang di peroleh dari lingkungan alam. Dalam pengolahannya tidak di campur dengan bahan buatan, juga di lakukan secara alami.

Beberapa contoh bahan lunak alami adalah:

  • Tanah liat

Kerajinan tanah liat lebih di kenal dengan kerajinan keramik. Ada berbagai macam teknik yang dapat di gunakan untuk membuat kerajinan keramik, seperti menekan atau memijat, membubut dan menggranulasi. Contoh kerajinan yang terbuat dari tanah liat adalah kendi, kompor dan vas bunga.

  • Serat alami

Serat alami adalah serat yang berasal dari alam, baik dari tumbuhan maupun dari hewan. Salah satu serat alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan adalah kapas yang dapat di olah menjadi bantal, guling dan selimut. Sedangkan serat alami berasal dari hewan, salah satunya wol yang bisa di olah menjadi sweater, sarung tangan, dan topi.

Paraffin adalah bahan kerajinan yang di ambil dari minyak bumi. Parafin ini berbentuk seperti piring, namun ada juga yang berbentuk seperti butiran. Contoh produk kerajinan yang bisa di buat dari parafin adalah lilin hias.

  1. Bahan lunak buatan

Berbeda dengan bahan lunak alami, bahan lunak buatan merupakan bahan yang di peroleh dengan mengolah bahan kimia sehingga teksturnya menjadi lebih halus, lembut dan mudah di bentuk. Proses pembuatan bahan lunak buatan tidak di lakukan secara alami.

Beberapa contoh bahan lunak buatan adalah:

  • Bubur kertas

Pulp atau pulp di peroleh dari pemisahan serat dari bahan baku yang memiliki serat. Contoh kerajinan yang bisa dibuat dari bahan ini adalah piring, topeng dan miniatur.

  • Sabun

Sabun batangan yang tidak terpakai bisa kita manfaatkan untuk membuat kerajinan baru dengan cara mencampurkannya dengan sagu dan air. Contoh kerajinan yang terbuat dari sabun adalah tanah liat, boneka dan figur.

  • Fiberglass

Fiberglass, juga di kenal sebagai fiber glass atau fiberglass, adalah kaca cair yang di regangkan menjadi serat tipis. Contoh kerajinan fiberglass adalah gantungan kunci, piala dan bros.

Detail Soal

Kelas: 6 SD

Mapel: Seni Budaya

Ba: Bab 16 – Berkarya Benda Mainan Beroda

Kata kunci: bahan lunak, bahan lunak alami, bahan lunak buatan

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih