Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

 

 

Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Jelaskan Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Jawab :

 

 

Penyebab keragaman suku dan budaya di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Kondisi geografis
  2. Kondisi iklim juga berbeda lingkungan alam
  3. Ada pengaruh budaya asing dengan gaya yang berbeda
  4. Ada kemampuan untuk beradaptasi dengan pengaruh asing yang berbeda

Mari kita bahas detail tentang penyebab keragaman suku dan budaya di Indonesia

Indonesia merupakan bangsa yang di kenal dengan keanekaragamannya baik dari segi suku dan ras, budaya, adat istiadat, kepercayaan atau agama, bahasa dan lain sebagainya. Keragaman ini di dorong oleh sejumlah faktor. Salah satu faktor tersebut adalah kondisi GEOGRAFIS INDONESIA yang terletak pada posisi strategis sehingga mudah bersinggungan dengan bangsa lain.

Selain itu, kondisi geografis berupa PULAU juga mendukung keragaman tersebut sehingga setiap pulau memiliki karakter budaya yang berbeda. Selain itu, iklim dan kondisi alam yang berbeda di setiap pulau juga mempengaruhi proses adaptasi suku bangsa yang mempengaruhi kebudayaannya. Akhirnya lahirlah budaya yang beragam yang mengacu pada kondisi lingkungan sekitar.

Keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia merupakan hal yang perlu di jaga dan di pupuk karena merupakan kekuatan tersendiri bagi bangsa. Keberagaman ini datangnya dari Tuhan dan harus di syukuri dan di terima dengan baik.

Detail Soal

Kelas  : 1 SMP

Mapel : PPKN

Bab     : Bab 4 – Pembelajaran Keregaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih