Redistribusi Pendapatan di Lakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Berupa

Redistribusi Pendapatan di Lakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Berupa

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Redistribusi Pendapatan di Lakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Berupa

 

Redistribusi Pendapatan di Lakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Berupa

Redistribusi Pendapatan di Lakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Berupa

A. jaminan sosial yang di lakukan negara kepada masyarakat
B. pembagian pendapatan nasional
C. pengalokasian pajak kepada penduduk miskin
D. pemberian subsidi kepada seluruh masyarakat

Jawab :

 

Jawabannya adalah jaminan sosial yang di lakukan negara kepada masyarakat (A).

Penjelasan detail tentang Redistribusi Pendapatan

Redistribusi pendapatan adalah pembagian atau redistribusi pendapatan dari masyarakat atau kelompok kaya kepada yang kurang mampu. Dalam hal ini, negara juga dapat mendistribusikan kembali pendapatan dalam berbagai bentuk.

Beberapa bentuk redistribusi yang dapat dilakukan adalah:

  1. Pengumpulan pajak. Orang yang memiliki penghasilan kena pajak di kenakan pajak progresif. Ini berarti bahwa orang mampu membayar lebih banyak pajak. Hasil pajak ini di gunakan untuk membangun infrastruktur yang dapat di nikmati oleh semua orang.
  2. Subsidi Penerimaan pemerintah baik pajak maupun bukan pajak di salurkan untuk bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu.
  3. Penyaluran Kredit. Program ini dapat di laksanakan dengan mempermudah persyaratan kredit dan meminimalkan pembayaran bunga, untuk membantu permodalan UMKM.

Oleh karena itu, redistribusi pendapatan adalah untuk mengurangi ketimpangan sosial di suatu negara. Ini juga merupakan bentuk jaminan sosial yang di berikan negara kepada masyarakat.

Dari penjelasan di atas, redistribusi pendapatan:

  • Bukan distribusi pendapatan nasional tetapi redistribusi pendapatan nasional.
  • Tidak menugaskan pajak kepada orang miskin, tetapi setiap orang mempunyai tanggung jawab untuk membayar pajak tetapi jumlahnya berbeda-beda.
  • Tidak memberikan subsidi kepada seluruh masyarakat, tetapi kepada masyarakat yang membutuhkan, dalam hal ini dapat berupa kredit fakir miskin atau kredit bersubsidi untuk modal UMKM.

Detail Soal

Kelas: 11

Mapel: Ekonomi

Bab: Pendapatan Nasional

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih