Bila Kita Mendengarkan Lagu Yang Terdengar Hanya Suara Musik Disebut

Bila Kita Mendengarkan Lagu Yang Terdengar Hanya Suara Musik Disebut

Bila Kita Mendengarkan Lagu Yang Terdengar Hanya Suara Musik Disebut

Bacaan Lainnya

Pendahuluan

Musik adalah salah satu bentuk seni yang memiliki kekuatan yang sangat besar dalam mempengaruhi emosi manusia. Banyak orang suka mendengarkan musik saat sedang santai atau bekerja. Namun, adakalanya kita bertanya-tanya tentang apakah yang sebenarnya dianggap sebagai lagu. Apa definisi sebenarnya untuk lagu? Apa yang membedakan antara suara musik dan lagu?

Bila Kita Mendengarkan Lagu Yang Terdengar Hanya Suara Musik Disebut

Dalam musik terdapat dua elemen utama, yaitu melodi dan harmoni. Melodi adalah suksesi atau rangkaian nada yang dianggap sebagai lagu karena memiliki struktur yang teratur dan bertujuan untuk mengungkapkan suatu ide atau perasaan. Sedangkan harmoni adalah gabungan dari beberapa nada yang terdengar bersamaan dan memberikan kesatuan dan keindahan pada lagu.

Melodi

Melodi adalah elemen utama dalam lagu yang diaplikasikan dalam sebuah struktur yang teratur, sehingga dapat menghasilkan bunyi yang merdu dan menghasilkan kesan pada pendengar. Biasanya, melodi ditandai dengan penggunaan nada-nada yang berbeda dalam suatu susunan tertentu yang kemudian menjadi sebuah pola atau tema yang dapat dikenali oleh pendengar.

Melodi

Sumber Gambar: Melodi.jpg

Harmoni

Harmoni adalah elemen musik yang memegang peranan penting dalam menciptakan keindahan bunyi dalam sebuah lagu. Harmoni terbentuk dari gabungan beberapa nada yang terdengar secara bersamaan dan menyatu dalam indahnya nada. Harmoni membuat musik memiliki kerangka tonal yang utuh dan kesan yang baik terhadap pendengar.

Harmoni

Sumber Gambar: Harmoni.jpg

Perbedaan Suara Musik dan Lagu

Berdasarkan definisi di atas, suara musik dan lagu memiliki perbedaan utama dalam elemen melodi dan harmoni. Suara musik adalah sekumpulan suara yang memiliki nilai-positif pada keindahan suara, sedangkan lagu memiliki struktur melodi dan harmoni yang teratur dan mengungkapkan suatu pesan atau perasaan. Sehingga, ketika kita mendengarkan suara musik, belum tentu itu sebuah lagu. Namun, ketika kita mendengarkan suara musik yang diaplikasikan dalam melodi dan harmoni yang teratur, itulah yang kita sebut sebagai lagu.

Kesimpulan

Secara umum, bila kita mendengarkan lagu yang terdengar hanya suara musik, maka belum tentu itu sebuah lagu. Lagu memiliki struktur melodi dan harmoni yang teratur dan mengungkapkan suatu pesan atau perasaan. Oleh karena itu, kita dapat membedakan antara suara musik dan lagu berdasarkan elemen utamanya.

Saran

  • Pahami lebih dalam tentang elemen musik seperti melodi dan harmoni untuk dapat mengapresiasi musik dengan lebih baik
  • Ciptakan sebuah lagu dengan struktur yang teratur dan dapat mengungkapkan suatu pesan atau perasaan
  • Teruslah menggali pengetahuan tentang musik dan bagaimana membedakan jenis-jenis musik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *