Kuis, Syarat Terbentuknya Integrasi adalah Jelaskan dengan Benar

dkoutdoor.id
gambar:cdn-2.tstatic.net

Halo guys ada kuis nih jawab ya, syarat terbentuknya integrasi adalah ? ada yang tahu tidak ?mari kita bahas bersama-sama agar kita semua paham.

Inilah Syarat Terbentuknya Integrasi adalah antara lain Simaka ya

1. Meningkatkan kesadaran untuk membentuk integrasi nasional. Toleransi berperan dalam membentuk integrasi nasional. Sikap saling menghormati, menghargai dan tidak diskriminatif dengan kelompok lain serta kemauan untuk menjalin hubungan dan interaksi antar masyarakat sangat diperlukan dan merupakan syarat tercapainya integras nasional.

Bacaan Lainnya

2. Pembentukan konsensus bersama. Dimana konsensus kolektif diartikan sebagai aturan-aturan yang telah disepakati bersama sepanjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentu saja, dicapai konsensus bersama agar keragaman tidak menjadi hambatan bagi terciptanya integrasi nasional.

3. Adanya nilai dan norma yang terbentuk dalam kehidupan bermasyarakat juga merupakan salah satu syarat yang diperlukan untuk mencapai integrasi nasional. Karena nilai-nilai dan standar akan membimbing masyarakat ke arah yang dipimpinnya kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Yang Termasuk Faktor Penghambat Integrasi Sosial

Pembahasan Lengankap

Integrasi sosial berarti mencocokkan berbagai unsur, terutama dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk nantinya menciptakan gaya hidup yang nyaman bagi masyarakat.

Dilihat dari kata tersebut, integritas sosial sebenarnya terdiri dari dua istilah, yaitu “integrasi”, yang memiliki arti umum atau kesempurnaan. Kemudian “sosial”, yang berarti hubungan atau timbal balik tindakan oleh masyarakat atau komunitas.

Namun, integrasi yang dipahami KBBI berarti memperbaharui sesuatu sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Kejujuran sendiri merupakan sesuatu yang memegang peranan penting dalam masyarakat itu sendiri. Berkat ini, tujuan komunitas akan terbentuk secara harmonis dan akan mudah untuk mencapai tujuan bersama.

Berkat ini, segala hal yang berkaitan dengan tatanan sosial, seperti budaya, hukum, pendidikan, dan lain-lain, akan mudah diselesaikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa integrasi sosial dapat dianggap sebagai salah satu elemen yang dapat membatasi terjadinya konflik sosial dalam masyarakat.

Nah, bagi para Grameds yang ingin tahu lebih banyak tentang inklusi sosial. Anda dapat membaca dan memahaminya melalui pemahaman, yang akan dijelaskan di bawah ini. Ada beberapa kesepakatan ahli dan beberapa penjelasan lainnya, seperti istilah, bentuk, proses integrasi sosial.

Integrasi nasional itu sendiri adalah suatu upaya untuk menyatukan berbagai aspek perbedaan yang ada di suatu negara tertentu dalam konteks ini, dengan tujuan untuk menciptakan apa yang disebut kesetaraan dan keselarasan antara kelompok yang berbeda, sehingga tidak ada perbedaan dan diperlukan tempat di tingkat nasional, yaitu di negara lain.

Baca juga: Integrasi Nasional Dapat Diwujudkan Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk

Berbagai faktor yang mendukung/mendorong munculnya integrasi nasional Indonesia antara lain:

Syarat Terbentuknya Integrasi adalah
gambar:dkoutdoor.id

Memahami perbedaan dan menghormati satu sama lain tanpa diskriminasi. Dengan sikap ini, perbedaan, meski tetap bersatu, bisa terjalin dengan baik.

Rasa cinta tanah air yang ada pada diri setiap manusia tentunya dapat menjadi motor penggerak integrasi nasional Indonesia. Hal ini karena rasa cinta tanah air menimbulkan semangat yang besar dalam diri setiap orang untuk mempertahankan kedaulatan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Memiliki sikap terbuka terhadap orang lain tanpa diskriminasi, atau bisa disebut ingin bersatu dengan kelompok lain, meski berbeda. Hal ini karena tidak ada lagi sikap mendiskreditkan kelompok lain, yang nantinya dapat menimbulkan konflik antarkelompok dan menimbulkan kekacauan.

Antisipasi ancaman eksternal yang mungkin muncul suatu hari nanti. Upaya ini dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa integrasi nasional karena untuk mengantisipasi ancaman eksternal harus dilakukan upaya untuk tetap bersatu dalam menjaga kedaulatan yang ada di negara tersebut.

Mempertahankan ideologi sendiri yang ada di negaranya. Misalnya jika kita melihat ideologi yang ada di Indonesia, yaitu ideologi Pancasila.

Ideologi Pancasila harus dipertahankan dan tidak boleh digantikan oleh ideologi lain. Jika ideologi lain menggantikan dan bertentangan dengan ideologi Pancasila. Dengan demikian akan menjadi penghambat bagi terwujudnya integrasi nasional Indonesia.

Nah itulah sahabat syarat terbentuknya integrasi adalah seperti yang tertera di atas ya,semoga kalian paham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *