Apa itu Software Sketchup dan Bagaimana Cara Menggunakannya

software sketchup

Software sketchup adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang mudah anda gunakan yang memiliki database ekstensif model buatan pengguna yang tersedia untuk diunduh. Anda dapat menggunakannya untuk membuat sketsa (atau mengimpor) model untuk membantu Anda dengan semua jenis proyek – pembuatan furnitur, pembuatan video game, pencetakan 3D, desain interior, dan apa pun yang dapat Anda pikirkan.

Apa itu software sketchup ?

Software SketchUp adalah aplikasi pemodelan 3D intuitif yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit model 2D dan 3D menggunakan metode “tekan dan seret” yang di patenkan. Dengan alat dorong dan seret, desainer dapat mengekstrak permukaan datar apa pun menjadi bentuk 3D. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba mengeklik objek dan menyeretnya hingga Anda menyukai apa yang Anda lihat.

software sketchup

Software SketchUp adalah program yang bisa untuk proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game.

Program ini mencakup fungsi tata letak gambar rendering permukaan, dan mendukung plugin pihak ketiga dari Gudang Ekstensi. Aplikasi ini memiliki berbagai kegunaan termasuk dalam dunia arsitektur, desain interior, lansekap dan desain video game. Aplikasi Sketchup juga populer di kalangan orang yang ingin membuat, berbagi, atau mengunduh model 3D untuk anda gunakan dengan printer 3D.

Sketchup mulai terkenal  oleh @Last Software pada tahun 1999. Pada tahun 2006, Google mengakuisisi SketchUp setelah @Last Software membuat plugin untuk Google Earth yang menarik perhatian raksasa teknologi itu. Pada 2012, Trimble Navigation (sekarang Trimble Inc.) mengakuisisi aplikasi Sketchup dari Google dan memperluas aplikasi dengan meluncurkan situs web baru dengan plugin dan ekstensi.

Baca juga: Software Developer adalah? dan Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Apa saja versi software sketchup yang berbeda?

SketchUp tersedia dalam tiga rasa yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda:

SketchUp Make: SketchUp Make adalah versi gratis yang dapat Anda unduh setelah membuat akun gratis. Make gratis untuk user pribadi, dan pendidikan dan di mulai dengan uji coba 30 hari gratis Software SketchUp Pro. Meskipun Make tidak lagi di perbarui setelah rilis November 2017, Anda masih dapat di instal untuk menggunakannya di komputer Anda.

SketchUp Pro: SketchUp Pro ($695) adalah versi premium dari perangkat lunak. Ini mencakup fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor berbagai format file, akses ke perangkat lunak dokumentasi 2D, alat tata letak, dan generator gaya yang memungkinkan Anda membuat gaya tepi kustom untuk template.

SketchUp Free: Penerus Make, SketchUp Free di rilis sebagai aplikasi web pada November 2017. Untuk menggunakannya, Anda perlu mendaftar untuk mendapatkan ID Timble gratis dengan alamat email yang valid. SketchUp Free tidak hanya memiliki banyak fitur Pro, tetapi jika Anda hanya membuat dan melihat model 3D untuk penggunaan pribadi (atau mencari sesuatu untuk dicetak pada printer 3D Anda), ini adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Baca juga: Menghilangkan Search Protect Komputer Dengan Mudah

Kunjungi gudang Sketchup 3D

Sekarang setelah Anda menginstal aplikasi SketchUp, saatnya menjelajahi ZD Varenuse, tempat Anda dapat melihat dan mengunduh hampir semua hal yang dibuat di platform.

Gudang Gambar 3D adalah merupakan database model yang dibuat pengguna yang tersedia untuk semua orang. Kunjungi saja situs web mereka dan mulailah menjelajahi gudang template mereka yang tampaknya tak ada habisnya.

Saya tidak bercanda ketika saya mengatakan Anda dapat menemukan apa pun di sini. Sedangkan Mereka memiliki segalanya mulai dari bangunan sederhana hingga seluruh kota abad pertengahan!

Baca juga: Pemahaman Komputer Hybrid, Pengoperasian, Fitur, dan Contoh

Berikut adalah beberapa hal keren yang dapat Anda temukan menggunakan gudang:

  • token
  • lapisan
  • Ketel
  • Dadu untuk permainan ruang tamu
  • iPhone
  • NYC

Ini hanya pilihan serbaguna, tetapi Anda dapat menemukan template untuk membantu Anda dengan proyek Anda.

Bagaimana cara menggunakan SketchUp?

Setelah Anda masuk ke Timble ID dan membuka aplikasi web desktop, Anda siap untuk meluncurkan model pertama Anda.

Saya akan memilih aplikasi web karena itulah arah yang diambil Timble untuk pengguna gratis, tetapi fungsi antara kedua versi itu sama jika Anda pelanggan gratis.

Saat Anda membuka Software sketchup, Anda akan disambut oleh model pertama Anda, Josh. Josh suka berjalan-jalan di pegunungan, bermain sepak bola, sepak bola, golf cakram, dan…olahraga apa pun atau permainan di halaman belakang. Ini hanya pengganti dan Anda dapat menghapusnya jika Anda mau. Atau tinggalkan dia dan nikmati kebersamaannya.

Di bilah alat di sebelah kiri, Anda dapat mengeklik salah satu dari tiga alat ini untuk mulai menggambar model Anda sendiri. Anda dapat menggunakan pena untuk menggambar garis, alat busur untuk membuat busur/lingkaran, dan alat persegi untuk membuat kotak.

Jika Anda tidak suka menggambar, Anda selalu dapat pergi ke toko 3D dan mengimpor model yang sudah ada. Di bilah alat di sebelah kanan, klik tombol Objek (tiga blok) lalu klik tombol Galeri 3D di bagian atas. Memasukkan tentang deskripsi model yang akan dicari, lalu klik objek yang ingin Anda impor.

Jika Anda sudah memiliki file template di komputer Anda, Anda dapat menarik dan melepasnya ke jendela untuk mendapatkan hasil yang sama.

Tergantung pada ukuran model, pemuatan mungkin memakan waktu. Setelah itu, yang perlu harus Anda lakukan adalah memposisikan objek dan Anda siap melakukannya.

Meskipun versi gratisnya tidak memiliki beberapa fitur, Anda masih dapat mengekspor mockup apa pun dalam format PNG atau STL dengan mengeklik folder di bagian atas jendela, mengeklik “Ekspor” dan memilih format yang Anda inginkan.

Sekarang setelah Anda memiliki dasar-dasar dan mengetahui jenis stok barang, Anda dapat mulai mengerjakan beberapa desain Anda sendiri dan mengunggahnya untuk dinikmati semua orang.

Baca juga: Cara Menyimpan File Komputer Ke Google Drive

Demikian sahabat mengenai Software Sketchup yang bisa saya jelaskan kepada kalian semoga bisa bermanfaat,terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *