Inti Teks Eksplanasi Berada Pada Bagian

Inti Teks Eksplanasi Berada Pada Bagian

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Inti Teks Eksplanasi Berada Pada Bagian

Inti Teks Eksplanasi Berada Pada Bagian

Bacaan Lainnya

Inti Teks Eksplanasi Berada Pada Bagian

Jawaban dari soal Inti dari TEKS EKSPLANASI berada pada bagian SEBAB-AKIBAT atau yang biasa juga di sebut sebagai bagian deret penjelas. Alasannya adalah karena teks eksplanasi tujuan utamanya menjelaskan bagaimana suatu peristiwa/fenomena bisa terjadi dengan mengurai proses sebab-akibatnya secara runut atau kronologis.

Mari Kita Bahas Bersama Jawaban Soal : Teks Eksplanasi

Yang di maksud dengan TEKS EKSPLANASI adalah jenis teks yang berisi penjelasan tentang suatu proses (sebab akibat) dari suatu fenomena, baik sosial maupun alam, dan sebagainya. TEKS EKSPLANASI berfungsi untuk menerangkan atau menjelaskan sesuatu kepada pembaca.

Struktur teks eksplanasi ini adalah sebagai berikut:

  • Pernyataan umum
  • Rangkaian penjelasan atau urutan sebab dan akibat
  • Interpretasi atau penyelesaian (opsional)

Bahkan, di bagian akhir teks eksplanasi kita akan menemukan ABSTRACT dari penjelasan yang di kutip dalam teks. Selain berisi kesimpulan, rangkuman ini juga di sertai dengan saran atau tanggapan dari penulis terhadap teks tersebut. Namun, bagian penutup sebagai inti dari teks ekspositori bukanlah jawaban yang tepat karena struktur penutup bersifat OPSIONAL, bisa ada atau tidak ada dalam teks ekspositori.

Detil Jawaban

Kelas          : SMP

Mapel         : Bahasa Indonesia

Bab             : Teks Eksplanasi

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *