Teks Eksplanasi di Tulis Untuk Menjawab Pertanyaan Apa

Teks Eksplanasi di Tulis Untuk Menjawab Pertanyaan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Teks Eksplanasi di Tulis Untuk Menjawab Pertanyaan

 

Teks ekspositori merupakan jenis teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya dan lainnya dapat terjadi dalam kehidupan manusia. Teks ekspositori di tulis untuk menjawab pertanyaan dalam bentuk kata tanya mengapa dan bagaimana.

Pembahasan detail tentang teks eksplanasi

Teks ekspositori adalah teks yang menjelaskan fenomena alam atau sosial. Tujuan penulisan teks ekspositori adalah untuk menjelaskan proses terciptanya suatu peristiwa yang terjadi secara alami, atau bisa juga merupakan proses terciptanya fenomena alam atau sosial.

Ada beberapa ciri teks eksplanasi:

Strukturnya terdiri dari proposisi umum, dengan urutan kausal, dan interpretasi. Informasi yang termasuk di dalamnya di dasarkan pada fakta (faktual). Faktual biasanya berisi informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan, misalnya ilmu pengetahuan, tentang suatu hal yang sedang di bicarakan.

Tujuan teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan suatu proses atau peristiwa secara informatif dan faktual.

Contoh teks eksplanasi singkat adalah:

Letusan gunung berapi merupakan salah satu fenomena alam yang di sebabkan oleh endapan magma yang terdapat di dalam perut bumi. Gas di dalamnya kemudian akan menyembur keluar dengan kekuatan yang sangat besar. Kemudian gas yang di hasilkan dari gunung berapi membawa benda lain seperti batu dan kerikil. Peristiwa ini akan menyebabkan gunung berapi meletus seperti contoh bencana alam yang berbahaya bagi masyarakat.

Detail Soal

Kelas : X SMA

Mapel : B indonesia

Bab : teks eksplanasi

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *