Garis yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan

Garis yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Garis yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan

Garis yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan

a. stabil
b. tenang
c. statis
d. tajam

Bacaan Lainnya

Jawaban dari soal Kesan yang diciptakan oleh garis bersudut adalah KESAN TAJAM (D). Garis adalah salah satu unsur dari seni rupa. Garis ini ada bermacam-macam di mana masing-masingnya mampu menciptakan kesan yang berbeda-benda.

Jenis Garis dan Kesan yang Diciptakan

Garis yang Bersudut Dapat Menciptakan Kesan

Sebuah atau beberapa kesan yang akan diciptakan sebuah garis sangat tergantung pada ukuran, tebal tipis, maupun penempatannya terhadap garis yang lain. Di bawah ini adalah jenis-jenis garis dan kesan yang diciptakannya.

1. Garis Vertikal

Garis vertikal adalah sebuah garis berbentuk tegak lurus yang memberikan kesan tegas, jujur, dan tegas. Dilansir dari laman binus.ac.id, garis jenis ini melambangkan kekuatan, kekokohan, kestabilan atau keseimbangan, hingga kemasyhuran.

2. Garis Diagonal

Garis diagonal adalah sebuah bentuk garis posisi miring ke kiri atau kanan. Adapun kesan yang ditimbulkan tidak seimbang. Dengan demikian obyek seakan-akan akan jatuh. Garis diagonal juga berkarakter gerakan lari atau meluncur, dinamis, tak seimbang, dan menggetarkan.

3. Garis Lengkung

Garis lengkung memberi kesan luwes dan lemah lembut. Bentuk garisnya meliputi lengkung busur, lengkung kubah, atau lengkung mengapung. Garis ini juga memberikan karakter yang ringan, dinamis, kuat, serta melambangkan kedinamisan dan kemegahan.

4. Garis Horizontal

Garis horizontal adalah sebuah garis mendatar yang akan menciptakan kesan kaku dan keras. Garis tersebut juga mengesankan istirahat atau jeda sejenak. Ini akan mencerminkan lambang pasif, ketenangan dan kedamaian.

5. Garis Lengkung Ganda Bentuk “S”

Garis ganda berbentuk S termasuk dalam jenis garis lemah gemulai yang mencerminkan ombak, pohon tertiup angin, dan gerakan lincah.

6. Garis Zigzag

Seperti yang kita tahu Garis Zig-zag berwujud patah-patah dengan sudut runcing. Garis tersebut terbentuk dari gabungan vertikal dan diagonal.

Garis memiliki unsur nyata maupun semu. Dalam hal ini, prinsip karya seni rupa terdiri dari:

  1. unity (Kesatuan)
  2. balance (Keseimbangan)
  3. Komposisi
  4. rhythm (Irama)
  5. kesebandingan (Proposisi)
  6. center of interest (Pusat perhatian)
  7. Keselarasan (harmoni)
  8. Gradasi
  9. kontras (Penekanan)

Pembahasan Jawaban Soal : Kesan oleh garis bersudut

Sekurang-kurangnya, elemen garis terbagi menjadi 6 jenis, antara lain sebagai berikut:

  • Garis horizontal, yaitu garis lurus horizontal. kesan yang di munculkan adalah statis, kaku, pasif, tenang, mantap, stabil dan sebagainya.
  • Garis vertikal, yaitu garis lurus yang lurus ke atas. kesan yang di munculkan adalah stabil, statis, kaku, kokoh, berdiri, tumbuh, monumen dan sebagainya.
  • Diagonal, yaitu garis lurus yang miring baik ke kanan maupun ke kiri. Garis diagonal dapat menimbulkan kesan tidak seimbang, goyah, berlari, condong, lincah, lincah, dinamis dan sebagainya.
  • Garis zigzag, yaitu garis yang lurus tetapi putus ke arah lain dan membentuk sudut. kesan yang di munculkan adalah tajam, tajam, bahaya, kilat, retakan, letusan, dahsyat, semangat, semangat dan sebagainya.
  • Lengkung, adalah garis lengkung. kesan yang di munculkan adalah dinamis, kuat, megah, ringan dan sebagainya.
  • Garis lengkung s, merupakan garis lengkung berkali-kali (bersambung) sehingga membentuk karakter huruf s. Kesan yang dimunculkan antara lain luwes, teduh, memberi kesan air, indah, dinamis dan sebagainya.

Detil Jawaban : Elemen Garis

  • Kelas : SMP
  • Mapel : Seni Budaya
  • Bab : Unsur Seni Rupa

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *