Bagaimana Mencegah Terjadinya Mati Lampu

Bagaimana Mencegah Terjadinya Mati Lampu

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Bagaimana Mencegah Terjadinya Mati Lampu

  1. Memastikan rangkaian tertutup dan tidak ada kabel putus
  2. Menggunakan cadangan sumber energi listrik seperti generator
  3. Menggunakan sekring untuk mencegah arus pendek

Pembahasan : Cara Menagani Mati Listrik

Listrik dinamis adalah pergerakan muatan listrik antara kutub positif (katoda) dan kutub negatif (anoda), yang merupakan arus listrik.

Energi listrik terjadi akibat adanya arus listrik (dalam satuan Ampere A) yang mengalir akibat adanya beda potensial atau tegangan listrik (dalam satuan Volt V). Energi listrik di hasilkan dari perubahan energi lain, seperti energi kimia atau energi kinetik (energi gerak) melalui pembangkit listrik.

Pada perangkat elektronik, energi listrik ini di ubah menjadi bentuk energi lain, termasuk energi cahaya pada lampu listrik. Lampu listrik menghasilkan cahaya menggunakan filamen listrik di tengah yang menyala ketika arus listrik di alirkan

Lampu listrik dapat menyala jika terdapat rangkaian tertutup yang menghubungkan sumber energi (seperti baterai atau listrik PLN) ke lampu tersebut. Di sini, di rumah, kita harus memastikan tidak ada kabel listrik yang terputus.

Untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik, rangkaian dapat di rangkai paralel dengan beberapa sumber listrik, misalnya pada rumah tangga yang menggunakan genset cadangan selain listrik PLN.

Listrik bisa mati karena korsleting (korsleting). Oleh karena itu, sekering di perlukan untuk mencegah korsleting dan menjaga agar lampu tetap menyala.

Detail Jawaban : Energi Listrik

Kelas: VI      

Mata Pelajaran: Fisika          

Materi: Energi dan Perubahannya

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih