Tokoh Pendiri Daulah Abbasiyah

Tokoh Pendiri Daulah Abbasiyah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tokoh Pendiri Daulah Abbasiyah

Tokoh Pendiri Daulah Abbasiyah

Tokoh Pendiri Daulah Abbasiyah

Jawaban dari soal Pendiri Daulah Abbasiyah adalah Abu al \Abbas Abdullah bin Muhammad As-Saffah. Abbasiyah sendiri adalah kekhalifahan yang berkuasa setelah Dinasti Umayyah berakhir.

Pembahasan : Daulah Abbasiyah

Lahir pada tahun 721, Abu Al Abbas As Saffah adalah khalifah pertama dari dinasti Abbasiyah yang kuat dan menjadi pusat pemerintahan di dunia Islam dari tahun 750 hingga tahun 1258. Ia masih berada di Bani Hasyim, garis keturunan besar. -cucu Nabi Muhammad SAW.

Abu Al Abbas di kenal dengan gelar As Saffah, yang artinya Dia yang suka memberi harta dalam jumlah yang banyak. Sebutan ini tercermin dari fakta bahwa Khalifah As Saffah benar-benar memanjakan rakyat Kuffah yang pada periode sebelumnya merupakan pusat kekuasaan Bani Umayyah.

Namun dalam riwayat lain di sebutkan bahwa gelar As Saffah di berikan kepadanya karena sifatnya yang sadis dan seolah-olah tidak mengetahui kemanusiaan Bani Umayyah. Khalifah As Saffah di kenal memiliki dendam yang begitu mendalam terhadap Bani Umayyah sehingga ia tidak segan-segan membasmi keturunan bayi Bani Umayyah atau mereka yang mencoba mencampuri urusan politiknya.

Detil Jawaban : Dinasti Abbasiyah

Kelas  : SMP

Mapel : Sejarah

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *