10 Jenis Jenis Seni Rupa Tradisional dan Modern

10 Jenis Jenis Seni Rupa Tradisional dan Modern

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : 10 Jenis Jenis Seni Rupa Tradisional dan Modern

10 Jenis Jenis Seni Rupa Tradisional dan Modern

Jawaban dari soal : Jenis Seni Rupa Tradisional dan Modern

Bacaan Lainnya

Contoh Seni Rupa Modern :

  1. Patung
  2. Lukisan
  3. Relief
  4. Keramik
  5. Ukiran
  6. Topeng
  7. Gantungan Kunci
  8. Fotografi
  9. Mozaik
  10. Kaligrafi

Contoh seni rupa tradisional:

  1. Bangsawan.
  2. Ketoprak.
  3. Lenong.
  4. Ludruk.
  5. Makyong.
  6. Menora.
  7. Wayang.

Pembahasan : Seni Rupa Tradisional dan Modern

Kesan seni merupakan hasil olahan dari konsep garis, luas, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika. Dapat di simpulkan bahwa sebagian besar nilai keindahan dalam karya seni bergantung pada daya visual.

Jenis kesenian dapat di bedakan berdasarkan ukuran, fungsi dan waktu. Berdasarkan ukurannya, seni di bagi menjadi dua, yaitu seni dua dimensi (panjang dan lebar) dan seni tiga dimensi (panjang, lebar dan tinggi).

Ada berbagai jenis seni yaitu:

1. Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah bidang seni yang mengutamakan cipta, rasa dan karsa manusia pada sesuatu yang indah untuk mengekspresikan dirinya. Contoh yang tergolong seni murni antara lain seni lukis, seni grafis, seni pahat, seni instalasi, seni keramik, seni film, dan seni fotografi.

2. Seni Rupa Terapan (Seni Kriya)

Seni terapan adalah bidang seni rupa yang menghasilkan karya yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh yang tergolong kerajinan adalah kerajinan tekstil, kerajinan kayu, kerajinan keramik, dan kerajinan rotan.

3. Desain Seni Rupa

Desain adalah seni yang fokus pelajari desain atau bentuk suatu karya. Contoh yang tergolong dalam seni desain antara lain arsitektur, desain grafis, desain interior, desain fashion, dan desain produk.

Unsur- unsur seni rupa yang membuat karya seni menjadi estetik dapat di lihat dari: Warna; Titik; garis; Bidang; Membentuk; elemen tekstur; Kamar.

Detail Jawaban Seni Rupa

Kelas : X

Mapel : seni rupa

Kategori : pengertian dan jenis seni rupa

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait