Alat Ukur Jumlah Zat

Alat Ukur Jumlah Zat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Alat Ukur Jumlah Zat

Jawaban dari soal Alat ukur zat tidak ada yang mengukur jumlah zat langsung, melainkan jumlah zat ataumolaritas diukur secara tidak langsung dengan menggunakan massa zat dan massamolar zat tersebut, atau dengan menggunakan konsentrasi zat dalam larutan.

Pembahasn : Alat Ukur Zat

Banyaknya zat di nyatakan dalam mol, di mana satu mol adalah banyaknya zat dalam jumlah 6,022 x 1023 partikel zat (bilangan Avogadro). Namun, tidak ada alat khusus yang dapat mengukur secara langsung jumlah mol suatu zat atau jumlah partikel zat tersebut.

Untuk mengukur jumlah zat ini, kita harus mengambil pendekatan tidak langsung.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan massa molar. Massa molar adalah massa suatu unsur kimia atau senyawa kimia tertentu (dalam gram) di bagi dengan jumlah zat (mol). Massa molar suatu senyawa dapat di hitung dengan menjumlahkan massa relatif atom-atom penyusunnya.

Misalnya, emas murni memiliki massa molar 196 gram per ngengat. Jika kita mempunyai emas batangan 24 karat (murni) seberat 10 gram, maka banyaknya emas di batangan tersebut adalah :

n=m/M

= 10/196

= 0,05 mol

Caranya adalah dengan menghitung konsentrasi larutan. Dari konsentrasi larutan kita akan mendapatkan massa zat terlarut dan kemudian kita dapat menghitung jumlah zat terlarut.

Detail Jawaban : Massa Molar

Kelas:XII

Mata pelajaran: Kimia

Materi:  Molaritas

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *