Jelaskan Pengertian Tari Kreasi

Jelaskan Pengertian Tari Kreasi

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Tari Kreasi

 

Pengertian tari kreasi adalah tari yang koreografinya tidak terikat pada tari tradisional, atau bentuk dari pengembangan dari pola-pola yang sudah ada sebelumnya.

Pembahasan detail tentang Tari Kreasi

Tari kreasi juga sering di sebut dengan tari kreasi baru. Jenis tari ini tidak terikat pada aturan yang ada pada seni tradisional ataupun tari klasik. Tari kreasi baru juga dapat berupa bentuk dari pengembangan dari pola-pola tari yang sudah ada sebelumnya, sehingga tari kreasi baru sebenarnya tidak benar-benar meninggalkan unsur tradisionalnya. Misalnya, tari kreasi baru boleh menghadirkan tema yang baru, namun unsur kostumnya masih mengambil dari tari yang sudah ada sebelumnya atau tari tradisional. Tari kreasi baru adalah konsep dasar dari tari klasik yang berkembang karena kemajuan zaman.

Tari kreasi masih memiliki nilai estetis yang sama dengan tari lainnya seperti wiraga (penghafalan gerak tari), wirama (keserasian dengan irama dan tempo), dan wirasa (penjiwaan terhadap tari). Pada pementasan tari kreasi pun mempunyai pendukung yang sama seperti iringan atau musik, tata busana atau kostum, tata rias, tata lampu, dan tata suara.

Jenis Tari Kreasi

Tari kreasi dapat di bagi menjadi dua macam, yaitu tari kreasi baru pola tradisi dan tari kreasi baru pola non tradisi.

  • Tari Kreasi Baru Pola Tradisi

Jenis tari kreasi ini adalah tarian yang masih menggunakan unsur tari tradisional dalam penciptaannya. Unsur tersebut dapat di ambil dari koreografi, iringan, tata busana atau rias, maupun tata teknik pentasnya. Walau ada unsur yang di ubah, esensi ketradisiannya masih ada. Karena masih berpatok dengan seni tari tradisional, maka tari kreasi jenis ini memiliki keragaman dan keunikannya sendiri karena adanya pencampuran unsur tradisi masing-masing daerah dengan unsur yang lebih modern. Contoh tari kreasi baru pola tradisi adalah tari Yapong, tari Roro Ngigel, dan tari Manuk Rawa.

  • Tari Kreasi Baru Pola Non-Tradisi

Berbeda dengan tari kreasi baru pola tradisi, jenis tari kreasi ini sama sekali tidak menggunakan unsur tradisionalnya baik dari koreografi, kostum, musik, atau tata rias. Jenis tari ini sering juga di sebut dengan tari modern. Walau tidak ada unsur tradisionalnya, tari kreasi ini tetap terlihat menarik dan tetap menjadi kegemaran bagi remaja. Contoh tari kreasi baru pola non tradisi adalah tari Hip-hop, tari Tango, dan tari Rumba.

 

Detail Soal

Kelas: 10 SMA

Mapel: Seni Budaya

Ba: Bab 5 – Jenis atau Genre Tari

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *