Jelaskan Pengertian Pencemaran Lingkungan

Jelaskan Pengertian Pencemaran Lingkungan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau di masukkannya makhluk hidup, zat, energi dan komponen lain ke dalam lingkungan hidup melalui kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitasnya menurun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

 Pembahasan detail tentang pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan menurut Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1997 adalah masuknya atau di masukkannya makhluk hidup, zat, energi dan komponen lain ke dalam lingkungan hidup melalui kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitasnya turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Jenis pencemaran lingkungan berdasarkan lokasi:

Polusi air, misalnya limbah pabrik yang di buang ke sungai tanpa di olah terlebih dahulu, limbah laundry rumah tangga, limbah plastik, dll.

Polusi udara, misalnya asap kendaraan bermotor, gas buang dari pabrik, kebakaran hutan, penggunaan AC yang berlebihan, penggembalaan ternak, dll.

Pencemaran tanah, misalnya sampah plastik, penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, dll.

Dampak akibat pencemaran lingkungan:

  1. Pemanasan global
  2. Hujan asam terjadi
  3. Lapisan ozon berongga
  4. Mengurangi kesuburan tanah
  5. Sungai yang tercemar menyebabkan banyak ikan mati
  6. Terjadi kepunahan hewan

 

Detail Soal

Kelas          : VII

Mapel         : Biologi

Ba            : Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *