Jelaskan Pengertian Serat Alam

Jelaskan Pengertian Serat Alam

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Serat Alam

 

Jelaskan Pengertian Serat Alam

 

Jelaskan Pengertian Serat Alam

Jawab :

Serat alam adalah bahan berserat yang berasal dari bahan yang ada di alam, seperti dari hewan dan tumbuhan.

Serat alami berbeda dengan serat buatan (serat sintetis), yang berasal dari proses kimiawi dan tidak terjadi di alam.

Pembahasan detail tentang serat alam

Serat untuk produksi kebutuhan manusia, seperti bahan baku pakaian, dapat berasal dari bahan sintetik atau dari bahan alam. Serat alami berasal dari hewan atau tumbuhan.

Bahan serat alami dapat di makan oleh pengurai seperti serangga atau jamur dan bakteri. Akibatnya, serat alami menjadi tidak awet karena mudah aus jika perawatannya kurang baik. Namun, hal ini membuat serat alam ramah lingkungan karena mudah terurai saat di buang.

Bahan berserat dari tanaman misalnya kapas (dari kulit biji genus Gossypium), kapuk (serat dari kantung biji pohon kapuk atau spesies Ceiba pentandra) dan karet (serat dari lateks yang berasal dari getah tanaman. pohon karet).

Bahan berserat dari hewan misalnya wol (dari bulu domba), sutra (dari kepompong ulat sutera Bombyx mori) dan kulit (dari kulit sapi, kambing hingga ular dan buaya).

Detail Soal

Kelas: VII

Mata pelajaran: Biologi  

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *