Pengertian Dari Serat Alam Adalah

Pengertian Dari Serat Alam Adalah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Pengertian Dari Serat Alam Adalah

Serat alami Bahan berserat yang berasal dari bahan-bahan yang ada di alam, seperti dari hewan dan tumbuhan.

Serat alam berbeda dengan serat buatan (synthetic fiber) yang berasal dari proses kimiawi dan tidak terjadi di alam.

Pembahasan rinci tentang serat alam

Bahan serat untuk produksi kebutuhan manusia, seperti bahan baku pakaian, bisa berasal dari bahan sintetik juga dari bahan pengalaman.

Bahan serat alami berasal dari hewan atau tumbuhan.

Serat bahan dari tumbuhan misalnya adalah kapas (dari kulit biji genus tumbuhan pohon Gosipium), kapuk (serat dari kantong biji pohon atau spesies kapuk kapuk pentandra) dan karet (serat lateks yang berasal dari getah pohon karet).

Bahan serat hewan contohnya wol (dari bulu domba), sutra (dari kepompong ulat sutera Bombyx mori) dan kulit (dari kulit sapi dan kambing hingga kulit ular dan buaya).

Karena bahan serat alami berasal dari makhluk hidup, maka dapat dimakan oleh pengurai seperti serangga atau jamur dan bakteri. Akibatnya, serat alami menjadi tidak awet karena mudah aus jika perawatannya kurang baik. Namun, hal ini membuat serat alam ramah lingkungan karena mudah terurai saat dibuang.

Detail Soal

Mata pelajaran: IPS      

Kelas: VII      

Materi: Bab 3 – Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *