Pengertian Motif Ekonomi

Pengertian Motif Ekonomi

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Pengertian Motif Ekonomi

Motif ekonomi adalah ada alasan kuat baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Berdasarkan pihak-pihak yang terlibat, motif ekonomi di bedakan menjadi motif individu dan motif organisasi

Pembahasan detail tentang motif ekonomi

Motif ekonomi merupakan alasan yang membuat seseorang melakukan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Alasan yang membuat seseorang melakukan ekonomi ini dapat di bedakan menjadi:

  1. Motif intrinsik : ada keinginan yang berasal dari diri sendiri untuk melakukan kegiatan ekonomi. Motif intrinsik ini biasanya mempengaruhi seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan primernya. Contohnya adalah seseorang yang membeli minuman karena haus.
  2. Motif ekstrinsik : ada motivasi yang berasal dari luar individu yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Biasanya motif ekstrinsik berasal dari pengaruh lingkungan. Contohnya adalah karena seseorang ingin mendapatkan pengakuan, membeli rumah yang berada di perumahan elit.

Motif ekonomi sendiri dapat di bagi menjadi:

1. Motif individu

Motif ekonomi jenis ini berasal dari dalam diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan ekonomi dan menciptakan kekayaan. Ada beberapa motif ekonomi dalam motif individu:

  • Pemenuhan kebutuhan: adanya dorongan untuk melakukan kegiatan ekonomi karena ada dorongan untuk memenuhi kebutuhannya atau mencapai kesejahteraan. Contohnya adalah seseorang yang bekerja lebih keras untuk di promosikan lebih cepat.
  • Memperoleh keuntungan: seseorang yang melakukan kegiatan ekonomi untuk memperoleh keuntungan berupa uang. Contohnya adalah seorang penjual baju yang menurunkan harga bajunya untuk mendapatkan lebih banyak pembeli.
  • Memperoleh penghargaan: kegiatan ekonomi di lakukan karena ingin di hargai oleh orang lain. Contohnya adalah sutradara yang tetap bekerja dengan tekun dan keras meski sudah sangat sukses.
  • Memperoleh kekuasaan: kegiatan ekonomi di lakukan karena ingin memperoleh kekuasaan. Contohnya adalah seorang pejabat memberikan hadiah untuk mendapatkan lebih banyak suara selama pemilu.
  • Sosial : kegiatan ekonomi yang di lakukan untuk membantu orang lain. Contohnya adalah penjualan baju bekas yang masih layak untuk di sumbangkan ke panti asuhan.

2. Motif Organisasi

Motif ekonomi di tujukan untuk meningkatkan kekuatan ekonomi anggota organisasi. Macam-macam motif ekonomi dalam motif organisasi adalah :

  • Produksi barang : ada usaha produsen untuk menciptakan suatu produk yang mempunyai daya saing tinggi dan memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Dalam mengejar keuntungan : ada usaha yang di lakukan perusahaan untuk menentukan harga produk yang tepat, menekan biaya, melakukan pemasaran dan meningkatkan kapasitas produksi.
  • Mempertahankan kesinambungan: upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya di mata konsumen.

Detail Soal

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: 5 – Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *