Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Struktur Teks Eksposisi

 

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Jawab :

 

Struktur teks eksposisi:

  • Tesis.
  • Rangkaian argumen.
  • Penegasan ulang.

Pembahasan detail tentang teks eksposisi

Eksposisi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau menguraikan sesuatu secara terperinci. Struktur teks eksposisi biasanya terdiri dari:

  1. Pendahuluan: Bagian ini berisi tujuan dari penulisan teks eksposisi, serta memberikan gambaran umum mengenai topik yang akan di bahas.
  2. Isi: Bagian ini merupakan inti dari teks eksposisi, di mana topik yang akan di bahas di uraikan secara terperinci. Isi teks eksposisi biasanya terbagi menjadi beberapa subtopik yang saling terkait.
  3. Penutup: Bagian ini merupakan kesimpulan dari teks eksposisi, di mana kita menyimpulkan ide-ide yang telah di bahas sebelumnya. Penutup juga bisa berisi saran atau rekomendasi terkait topik yang telah di bahas.
  4. Daftar Pustaka: Bagian ini berisi daftar sumber yang di gunakan dalam penulisan teks eksposisi.

Sebagai contoh, struktur teks eksposisi tentang pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan baku produk-produk baru dapat di tulis seperti ini:

  1. Pendahuluan: Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan cara-cara yang dapat di lakukan untuk memanfaatkan limbah plastik sebagai bahan baku produk-produk baru.
  2. Isi:
  • Subtopik 1: Definisi limbah plastik
  • topik 2: Dampak limbah plastik terhadap lingkungan
  • Subtopik 3: Cara-cara pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan baku produk-produk baru
  • Subtopik 4: Contoh-contoh produk yang terbuat dari limbah plastik
  1. Penutup: Dari penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan baku produk-produk baru merupakan salah satu solusi yang dapat di lakukan untuk mengurangi dampak negatif limbah plastik terhadap lingkungan. Selain itu, pemanfaatan limbah plastik juga dapat menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Daftar Pustaka:
  • Abdullah, M. (2019). Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Bahan Baku Produk Baru. Jakarta: Pustaka Jaya.
  • Susanto, D. (2020). Limbah Plastik: Dampak dan Solusi. Yogyakarta: Andi Offset.

 

 

Detail Soal

Mapel: bahasa Indonesia

Materi: Teks Eksposisi dalam Media Massa

Kata kunci: struktur, teks eksposisi, tesis, rangkaian argumen, penegasan ulang.

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih