Jelaskan Letak Geografis Negara ASEAN

Jelaskan Letak Geografis Negara ASEAN

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Letak Geografis Negara ASEAN

Jelaskan Letak Geografis Negara ASEAN

Jelaskan Letak Geografis Negara ASEAN

Jawaban dari soal Letak geografis negara-negara ASEAN yakni:

  • Batas utara: daratan Cina dan Laut Cina.
  • Bagian selatan: Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia.
  • Batas barat: India, Bangladesh, dan Samudra Pasifik.
  • Bagian timur: Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Mari Kita Bahas Bersama Jawaban Soal : Negara ASEAN

Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah organisasi yang di bentuk oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Pembentukan ASEAN di prakarsai oleh lima negara Asia Tenggara antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Kemudian di susul Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Sebagian besar negara ASEAN adalah negara kepulauan. Secara geografis, ASEAN berbatasan dengan dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas wilayah maritim ASEAN kira-kira tiga kali luas daratannya. Kawasan ASEAN terletak di garis khatulistiwa, yang membuat semua negara ASEAN beriklim tropis.

Piagam pembentukan ASEAN, yang di sebut Deklarasi Bangkok, merupakan landasan yang mencakup perjanjian kerja sama ekonomi, sosial, dan budaya. ASEAN secara rutin menyelenggarakan pertemuan puncak (summits) dan pertemuan para wakil menteri luar negeri anggota ASEAN. Pertemuan rutin ini berfungsi untuk membahas isu-isu bersama mengenai peningkatan kerjasama ekonomi, sosial dan budaya antara negara-negara ASEAN dan ASEAN dengan negara atau organisasi regional lainnya.

Detail Jawaban Negara Anggota ASEAN

Kelas: 8

Mapel: Geografi

Bab: Bab 1 – Negara-Negara ASEAN

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *